Kita berharap bantuan ini dapat membantu pelaku usaha perikanan, pemasar, pengolah, dan pengguna jasa, yang kesulitan memasarkan produk mereka
Padang, (ANTARA) - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang menyalurkan 1.900 paket hasil olahan ikan kepada warga terkena dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 di daerah itu.

Kepala SKIPM Padang Rudi Barmara di Padang, Kamis mengatakan bantuan produk ikan sehat dan bermutu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2020

Ia menjelaskan Bulan Mutu Karantina memiliki tujuan internal dan eksternal untuk meningkatkan mutu pelayanan dan peran dalam menghadapi pandemi ini

Selain itu juga menyosialisasikan peran SKIPM kepada masyarakat luas dan membantu pelaku usaha, masyarakat umum yang terdampak pandemi COVID-19 serta tenaga medis yang sedang berjuang merawat pasien COVID-19.

"Kita berharap bantuan ini dapat membantu pelaku usaha perikanan, pemasar, pengolah, dan pengguna jasa, yang kesulitan memasarkan produk mereka," kata dia.

Baca juga: KKP bagikan paket olahan ikan untuk pengemudi taksi dan ojek daring

Bantuan produk ikan sehat dan bermutu sebanyak 1.900 paket akan didistribusikan ke 12 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat mulai Kabupaten Pesisir Selatan 175 paket, Kabupaten Kepulauan Mentawai 100 paket, Kota Pariaman 100 paket.

Kemudian Kota Padang 300 paket, Kota Solok 125 paket, Kabupaten Solok 175 paket, Kabupaten Solok Selatan 175 paket, Kota Sawahlunto 100 paket.

Lalul Kabupaten Sijunjung 175 paket, Kabupaten Dharmasraya 175 paket, Kota Padang Panjang 125 paket dan Kabupaten Tanah Datar 175 paket.

Sementara anggota DPR RI Hermanto mengatakan akan melakukan pendampingan dalam menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat secara langsung

Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada SKIPM Padang, terkhusus Kementerian Kelautan dan Perikanan atas empati dan turut berperan serta mengatasi dampak pandemi COVID-19 di Provinsi Sumatera Barat melalui kegiatan bantuan ikan sehat dan bermutu ini.

Bantuan langsung kepada masyarakat terdampak COVID-19 berupa produk ikan sehat dan bermutu sebagai sumber protein untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: 121 makanan olahan jadi andalan Sumbar tingkatkan konsumsi ikan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020