3 optimasi jaringan seluler menjelang Lebaran

3 optimasi jaringan seluler menjelang Lebaran

3 Indonesia (FOTO/Dokumentasi)

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler 3 (Tri) menjalankan optimasi jaringan di ratusan titik di Indonesia untuk mengantisipasi kenaikan lalu lintas data seluler pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, banyak pelanggan 3 Indonesia yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Silaturahmi kini dilakukan melalui pesan singkat, dan video call," kata Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah, dalam keterangan pers, dikutip Kamis.

Penyedia layanan seluler tersebut mengalami kenaikan lalu lintas data internet sebesar 22 persen pada pekan ketiga Ramadhan, dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan tersebut setara dengan 48 persen jika dibandingkan dengan Ramadhan tahun 2019.

Kenaikan lalu lintas data selama Ramadhan didominasi belanja online di e-commerce, sebanyak 77 persen. Operator 3 memperkirakan tren ini akan berlanjut dan puncaknya berada saat pekan Idul Fitri.

Untuk memastikan kualitas jaringan seluler, 3 telah melakukan optimasi jaringan di 216 point of interest (POI) yang fokus di area padat penduduk dan jalur transportasi logistik.

POI dari 3 terdapat 45 titik di Sumatera, 95 titik di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 titik di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, serta 31 titik di Kalimantan dan Sulawesi.

3 juga telah membangun 2.500 BTS baru dan menamnah kapasitas jaringan di 4.000 BTS untuk arema pemukiman penduduk.

Optimasi jaringan juga dilakukan di area rumah sakit rujukan COVID-19, antara lain berupa armada cell on wheels di sejumlah titik.

Baca juga: Traffic internet naik, BRTI minta operator cek kualitas jaringan

Baca juga: Telkomsel amankan jaringan di kawasan residensial jelang Lebaran


Baca juga: Bangun 9.000 BTS, 3 jangkau 200 juta pengguna di 300 kabupaten

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Waisak tanpa ada aktivitas ibadah di Petak Sembilan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar