counter

Toyota Targetkan Jual 800 Fortuner per Bulan

Toyota Targetkan Jual 800 Fortuner per Bulan

Toyota Fortuner (istimewa/ANTARA)

Jakarta, 11/8 (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menargetkan memimpin pasar kendaraan "sport" (SUV) dengan penjualan Fortuner rata-rata sekitar 800 unit per bulan pada sisa tahun ini, seiring dengan membaiknya permintaan mobil di dalam negeri.

"Kalau bisa kami ingin memimpin pasar di segmen SUV high tersebut," kata Presdir TAM Johnny Darmawan pada peluncuran Fortuner Diesel 2.5 G bertransmisi otomatik, di Jakarta, Selasa.

Untuk mencapai target tersebut, TAM, kata dia, menambah varian Fortuner yang dipasarkan di Indonesia.

"Bila sebelumnya untuk varian diesel hanya bertransmisi manual, maka kini ada pilihan baru Fortuner diesel bertransmisi otomatik. Hal itu memperkuat dominasi Fortuner di segmen 4x2 `High SUV`," ujarnya.

Dengan demikian TAM memasarkan empat varian Fortuner di Indonesia, yaitu 4x2 G 2.7 dan 4x4 V 2.7 yang bermesin bensin dengan transmisi otomatik untuk konsumen yang menyukai kinerja mesin bertenaga kuat, serta 4x2 G 2.5 diesel bertransmisi manual dan otomatik untuk konsumen yang mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, sebelumnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berakhir 2 Agustus lalu, TAM juga telah meluncurkan Fotuner Sportivo edisi terbatas untuk pelanggan yang mengutamakan tampilan dan gaya yang "sporty" dengan penambahan harga sekitar Rp25 juta.

Harga Fortuner diesel bertransmisi otomatik sendiri mencapai ("on the road" Jakarta) sebesar Rp369,6 juta per unit, harga itu lebih tinggi Rp10 juta dibandingkan yang bertransmisi manual. Penjualan Fortuner diesel, menurut Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, mendominasi hingga 60-70 persen.

"Rata-rata penjualan Fortuner (4x2) selama tujuh bulan terakhir mencapai sekitar 500 sampai 600 unit per bulan. Kami menargetkan setidaknya permintaan terus bertambah sehingga penjualan mencapai 800 unit per bulan," ujar Joko.

Ia mengatakan pasar "high SUV" di Indonesia masih akan mengalami pertumbuhan pada semester II tahun ini, apalagi menjelang Lebaran. Selain kendaraan serba guna (MPV), kendaraan SUV seperti Fortuner yang berpenumpang tujuh orang juga diminati konsumen menjelang mudik Lebaran.

"Pada Juli lalu penjualan Fortuner mencapai angka sekitar 600 an unit. Jenis kendaraan ini (SUV) juga diminati konsumen untuk pulang kampung, karena juga nyaman dikendarai," ujarnya.

Pada Januari-Juli 2009 penjualan Fortuner 4x2 yang banyak diminati konsumen, kata Joko, telah mencapai 3.570 unit atau menguasai sekitar 26,4 persen pasar di segmen tersebut yang mencapai 13.532 unit.

Sedangkan penjualan Fortuner 4x4 yang banyak digemari konsumen penggemar "off road" mencapai 208 unit atau menguasai sekitar 31,6 persen dari total pasar nasional di segmen tersebut yang mencapai 659 unit.

***2***

(T.R016)

(T.R016/B/A023/A023) 11-08-2009 15:35:47

Pewarta: mansy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Toyota investasi Rp28 triliun mobil listrik di Indonesia

Komentar