Semarang (ANTARA) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi mengatakan semangat anggota tetap tinggi untuk melakukan penyekatan terhadap pemudik yang akan masuk ke provinsi ini dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami lakukan penyekatan dengan skala prioritas," kata kapolda usai memantau kondisi jalur tol mulai dari Semarang hingga Brebes, Kamis.

Baca juga: Polda Jateng sekat jalur di perbatasan Jabar

Menurut dia, hingga hari ke-27 pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2020, terdapat 4.722 kendaraan pemudik yang diminta untuk putar balik saat akan masuk ke Jawa Tengah.

Polda Jawa Tengah, kata dia, telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam upaya penyekatan pemudik.

Baca juga: Ditlantas Polda Jawa Tengah gunakan drone thermal pantau pemudik

Ia menuturkan prosedur dalam penyekatan dilakukan sesuai protokol yang berlaku, mulai pemeriksaan suhu penumpang kendaraan hingga pengecekan alasan perjalanan yang dilakukan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Islandar F.Sutisna mengatakan arus kendaraan yang melintas di ruas tol Trans Jawa pada H-3 Lebaran tersebut relatif lengang.

Baca juga: Arus kendaraan di jalur selatan Jateng pada H-3 Lebaran landai

"Tidak ada kemacetan. Penyekatan dilakukan terhadap kendaraan pemudik. Untuk kendaraan pengangkut logistik tetap diperbolehkan melintas," katanya.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020