Boston (ANTARA News/Reuters) - Eunice Kennedy Shriver, yang muncul dari keluarga politik yang didominasi-pria yang berpengaruh untuk mendirikan Olmpiade Khusus dan menjadi penasehat penting penyandang cacat mental, meninggal dunia Selasa pada usia 88 tahun.

Shriver meninggal setelah ia dirawat di rumah sakit belum lama ini di Hyannis, kota Massachusetts di Cape Cod yang sinonim dengan dinasti Kennedy.

"Pekerjaannya telah mengubah hidup ratusan juta orang di dunia dan pekerjaan itu pada gilirannya merupakan warisan hidupnya," keluarganya mengatakan dalam satu pernyataan.

Ia menikah dengan Sargent Shriver, yang karir layanan publiknya lama termasuk memulai Korps Perdamaian dengan saudara laki-laki Eunice, mantan Presiden John F. Kennedy.

Eunice lahir pada 10 Juli 1921, anak tengah dari sembilan anak Joseph Kenendy Sr. dan isterinya, Rose.

Ketika anak kecil, ia ingin bertanding olahraga dengan saudara laki-lakinya, termasuk John, yang terpilih menjadi presiden AS pada 1960 dan dibunuh pada 1963; Robert, senator New York yang upayanya untuk menjadi presiden berakhir dengan pembunuhannya pada 1968; dan Edward, yang menjabat sebagai senator dari Massachusetts selama lebih dari 45 tahun.

Edward Kennedy kini sedang berjuang melawan kanker otak, yang didiagnosa pada Mei 2008.

Shriver selalu menjadi bagian dari kampanye politik saudara laki-lakinya di partai Demokrat tapi kerja advokasinya melintasi garis partai. Presiden Ronald Reagan yang dari partai Repblik memuji "keyakinan sangat besar dan upaya tanpa hentinya ... atas nama paling sedikit orang-orang Amerika yang berpengaruh" pada 1984 ketika ia menghadiahinya Medali Kemerdekaan Amerika, penghormatan sipil tertinggi negara itu.

Sehat hingga usianya 80-an tahun, Shriver masih tampak di gedung Capitol AS untuk mencari bantuan bagi masalahnya.

Ia memulai Special Olympics Games pada 1968 untuk meningkatkan kemampuan dan rasa harga diri pada orang-orang dengan keterbelakangan mental. Keprihatinannya pada penyandang cacat kejiwaan itu dipertalikan dengan hubungannya dengan kakak perempuannya Rosemary, yang dikatakan mengidap sedikit keterbelakangan dan menghabiskan sebagian besar dari hidupnya di fasilitas perawatan jangka-panjang karena lobotomi.

"Saya memiliki simpati yang sangat besar pada Rosie," kata Shriver dalam satu wawancara Radio Publik Nasional pada 2007. "Jika saya tidak pernah bertemu dengan Rosemary, tak pernah tahu apapun mengenai anak-anak cacat, Bagaimana saya akan pernah mengetahuinya? Karena tak seorang pun menerima mereka di manapun."

Asal Olimpiade Khusus itu adalah kamp musim panas yang mana Shriver mempersiapkan dirinya bagi anak-anak terbelakang di tanah milik keluarganya di Maryland. Pada 1968 ia membuka pertandingan Olimpiade Khusus pertama di AS dan 40 tahun kemudian kegiatan itu telah berkembang hingga mencakup 190 negara.

Di samping pertandingan olahraga, Olimpiade Khusus telah menjadi organisasi pelayanan umum yang menasehatkan riset, hak asasi, perawatan yang lebih baik bagi konstituennya. Anak laki-lakinya Timothy menjadi pemimpin organisasi itu.

Anak Shriver lainnya adalah Maria, bekas wartawan televisi yang menikah dengan Gubernur California Arnold Schwarzenegger; Bobby, seorang pengacara dan filantropis; Mark, bekas anggota parlemen negara bagian Maryland yang sekarang dalam pekerjaan amal, dan Anthony, yang juga mendirikan sebuah kelompok untuk membantu penderita cacat mental.

Eunice adalah seorang debutan yang hadir di Pengadilan St. James ketika ayahnya Joseph Kennedy duta besar AS uutuk Ingris. Para awal kehidupan profesionalnya, ia bekerja di deplu dan kemudian dengan para tawanan perempuan di West Virginia.

Eunice Shriver berkampanye dengan suaminya ketika ia calon wakil presiden dengan George McGovern pada 1972, dan ketika ia melakukan upayanya sendiri yang gagal untuk pencalonan partai Demokrat bagi pemilihan presiden 1976.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009