Satgas Aman Nusa mendapati banyak warga tidak pakai masker

Satgas Aman Nusa mendapati banyak warga tidak pakai masker

Tim Satgas Operasi Aman Nusa II Penanganan COVID-19 Polda Sulut melakukan pembinaan dan penyuluhan pencegahan penyebaran COVID-19, di salah satu toko dan bengkel kendaraan bermotor. (ANTARA/HO/Satgas Aman Nusa)

Sebetulnya jangan karena ada petugas baru memakai masker
Manado (ANTARA) - Tim Satgas Operasi Aman Nusa II Penanganan COVID-19 Polda Sulawesi Utara (Sulut) masih mendapati banyak warga di daerah ini yang tidak memakai masker.

"Saat melakukan pembinaan penyuluhan tentang pencegahan penyebaran COVID-19, masih melihat banyak warga yang tidak menggunakan masker," kata Kepala Sub

Satgas II Binmas Pencegahan Operasi Aman Nusa II Polda Sulut AKBP Bambang Dwijatmiko, di Manado, Kamis.
Baca juga: Satgas Aman Nusa Polda Sulut nonstop cegah penularan COVID-19


Ia mengatakan melihat kondisi tersebut, pihaknya terus melakukan imbauan supaya warga menjaga kesehatan dan memakai masker. Apalagi jumlah penderita COVID-19 baik secara nasional maupun di Sulut terus mengalami peningkatan.

"Kami mengimbau supaya warga sayangi diri sendiri dan keluarga antara lain dengan menggunakan masker," katanya pula.

Menurut Diwjatmiko, berbagai alasan disampaikan warga, saat ditanya kenapa tidak memakai masker. Seperti masker tersebut hanya disimpan, dan saat ada petugas baru dipakai.

Kesadaran warga untuk memakai masker dalam mencegah COVID-19 masih kurang.

"Sebetulnya jangan karena ada petugas baru memakai masker. Untuk itu, warga selalu diingatkan pakai masker, dan sayangilah diri sendiri dan keluarga," katanya lagi.

Alasan lainnya, lanjut Dwijatmiko, mereka tidak memiliki uang, atau ada masker tetapi cuma satu, sedangkan pemakaiannya perlu diganti.

"Untuk itu, satgas selain melakukan pembinaan dan penyuluhan, jika mendapatkan warga yang tidak memiliki masker, kami bagikan kepada mereka dan mengingatkan untuk disiplin dalam menggunakan masker ketika keluar dari rumah," katanya lagi.
Baca juga: Warga Manado sambut baik pembagian masker dari Satgas Aman Nusa


Warga juga diimbau untuk mematuhi pemerintah, antara lain physical distancing atau jaga jarak, rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun pada air mengalir dalam mencegah penyebaran Virus Corona.

Pelaksanaan operasi terpusat Operasi Aman Nusa II dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dilaksanakan dalam dua tahap.

Pada tahap pertama mulai 19 Maret sampai dengan 17 April 2020, kemudian dilanjutkan tahap kedua mulai 18 April dan akan berakhir 31 Mei 2020.
Baca juga: Satgas Aman Nusa imbau karyawan perusahaan tidak mudik

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar