Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka cenderung datar pada perdagangan Jumat pagi, ketika sektor sumber daya yang lemah dan penurunan layanan kesehatan mengimbangi kenaikan di sektor-sektor lainnya.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik tipis 0,30 poin atau 0,0054 persen pada 5.550,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 2,40 poin atau 0,042 persen pada 5.663,30 poin.

"Klaim pengangguran AS yang lebih besar dari yang diperkirakan dan kata-kata lebih keras dari Beijing dan Washington mengguncang sentimen pasar semalam," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Meskipun ketakutan di sekitar prospek pertumbuhan global naik, dukungan bank sentral tetap dalam pandangan investor, dan kelas aset merespons dengan berbagai cara."

Saham-saham perawatan kesehatan adalah beban terbesar di pasar Aussie dalam perdagangan pagi, dengan kebutuhan pokok konsumen juga merosot.

Saham-saham energi dan material keduanya hampir datar, namun bank mencatat moderat serta consumer discretionary dan teknologi membukukan kenaikan yang lebih substansial.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,25 persen, Westpac Bank naik 0,26 persen, ANZ naik 0,78 persen dan National Australia Bank naik 0,71 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto turun 0,53 persen, BHP naik 0,75 persen, Fortescue Metals naik 0,22 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,57 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search turun 0,30 persen, Santos turun 0,57 persen dan Woodside Petroleum naik 0,04 persen.

Supermarket terbesar Australia merosot dengan Coles turun 0,85 persen dan Woolworths turun 1,54 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra merosot 0,16 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 1,65 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 1,26 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir turun, hentikan kenaikan empat sesi beruntun
Baca juga: Bursa Saham Australia menguat dalam lima hari beruntun
Baca juga: Saham Australia balikkan kerugian awal menjadi berakhir lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020