NPC gelar sidang tahunan di tengah pandemi global

NPC gelar sidang tahunan di tengah pandemi global

Para anggota Kongres Rakyat Nasional (NPC) mengheningkan cipta bersama dalam pembukaan sidang tahunan di Balai Agung Rakyat, Beijing, Jumat (22/5/2020). Sidang tahunan yang dihadiri para anggota legislatif tersebut merupakan acara pertama yang melibatkan ribuan orang selama masa pandemi global. ANTARA/HO-Xinhua/mii/am.

Jakarta (ANTARA) - Kongres Rakyat Nasional (NPC) sebagai satu-satunya lembaga legislatif di China menggelar sidang tahunan di tengah pandemi global.

Presiden Xi Jinping dan para pemimpin China menghadiri pembukaan sesi ketiga NPC-13 yang digelar di Balai Agung Rakyat di kawasan Tian'anmen, Beijing, Jumat pagi.

Beberapa deputi NPC yang terpilih sebagai dewan presidium sehari sebelumnya telah menetapkan agenda sidang tahunan legislatif tersebut.

Ketua Komite Tetap NPC Li Zhanshu memimpin berbagai persiapan pertemuan tersebut.

Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung hingga 28 Mei itu adalah meninjau laporan pelaksanaan anggaran pemerintah pusat dan daerah tahun 2019 dan usulan anggaran pemerintah pusat dan daerah tahun 2020.

Rancangan undang-undang yang diajukan oleh Komite Tetap NPC terkait draf keputusan NPC mengenai mekanisme penegakan hukum di Wilayah Administratif Khusus Hong Kong untuk menjaga keamanan nasional juga akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Sidang tahunan tersebut sempat mengalami penundaan karena wabah COVID-19. Sidang tersebut biasanya digelar setiap bulan Maret.

Baca juga: Mangambil manfaat dari regulasi baru tentang kehidupan beragama di China

Baca juga: China bagi pengalaman perangi COVID-19 dengan militer sejumlah negara

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar