Pedagang Pasar Perumnas Klender jalani "rapid test" COVID-19

Pedagang Pasar Perumnas Klender jalani "rapid test" COVID-19

Pedagang Pasar Perumnas Klender Jakarta Timur jalani tes COVID-19 di ruang basement pasar, Jumat (22/5/2020). Pemeriksaan kesehatan dilakukan usai tiga pedagang positif COVID-19. ANTARA/Andi Firdaus/am.

Kalau pedagangnya positif kan bahaya juga buat pembeli
Jakarta (ANTARA) - Puluhan pedagang di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, menjalani "rapid test" dan "swap test", Jumat siang, usai tiga orang di lokasi itu dilaporkan positif terjangkit COVID-19.

"Kemarin temuan ada tiga orang positif COVID-19 di sini, mereka berdagang di Pasar Perumnas Klender, tapi tinggal di Pondok Kopi," kata Petugas Puskesmas Duren Sawit Jakarta Timur Nur Maulia di Jakarta.

Sebanyak 30 pedagang di pasar tersebut diharuskan menjalani tes cepat (rapid test) dan swap untuk mendeteksi secara dini penyakit serta mengantisipasi penyebaran virus.

Namun dari 30 pedagang yang diundang, hanya 15 yang ikut serta dalam kegiatan itu. "Di sini pedagangnya kurang patuh, tidak pakai sarung tangan dan masker," katanya.

Nur mengatakan, pedagang yang telah dinyatakan positif COVID-19 dirujuk ke Wisma Atlet untuk diisolasi.

"Pedagang sebelumnya yang positif sudah kita bawa ke Wisma Atlet. Makanya hari ini kita tindaklanjuti dengan memeriksa pedagang lainnya," katanya.

Baca juga: Pemeriksaan keluar-masuk Jakarta dilakukan di 12 titik
Baca juga: Satpol PP Jaktim tingkatkan kewaspadaan penularan COVID-19

Nur menambahkan, upaya pencegahan terhadap bahaya COVID-19 dilakukan secara intensif di lokasi itu guna mengantisipasi penyebaran virus kepada konsumen.

"Kalau pedagangnya positif kan bahaya juga buat pembeli," katanya.

Pengecekan kesehatan itu dilakukan petugas Puskesmas Duren Sawit beserta jajaran kelurahan dan kecamatan setempat di lantai dasar (basement) pasar.
Baca juga: Menunda kesenangan demi kemenangan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Disdik Kota Tangerang latih guru maksimalkan pembelajaran daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar