Mudah-mudahan satu atau dua hari setelah libur Lebaran nanti semua desa sudah menyalurkan BLT Dana Desa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi daerah-daerah yang telah hampir 100 persen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat terdampak pandemi COVID-19.

"Terima kasih Provinsi Bali. Luar biasa," kata Mendes Halim merujuk kepada provinsi dengan penyaluran BLT Dana Desa tertinggi pertama atau telah mencapai 100 persen, dalam konferensi pers melalui Webinar di Kemendes PDTT Jakarta, Jumat.

Baca juga: Dana desa untuk BLT sudah disalurkan ke 56.993 desa

Ia mengatakan Provinsi Bali menjadi satu-satunya provinsi yang telah 100 persen melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dan menyalurkan BLT Dana Desa kepada penerima manfaatnya.

Sementara itu, provinsi berikutnya yang telah hampir 100 persen melakukan Musdesus dan penyaluran BLT Dana Desa adalah Provinsi Gorontalo yang memiliki 657 desa, disusul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan 392 desa, Kepulauan Riau dengan 275 desa dan Sulawesi Tengah dengan 1.842 desa.

Baca juga: Polisi kawal penyaluran BLT dana desa di Rejang Lebong

"Jadi kalau dilihat dari persentase memang seperti itu. Meskipun dilihat dari jumlah desa, jumlah desa terbesar itu ada di Jawa Tengah sebanyak 7.809 desa, disusul Jatim dengan 7.724 desa, kemudian Jabar 5 312 desa," kata dia.

Sementara itu, lima daerah dengan penyaluran BLT Dana Desa dan Musdesus paling rendah di Indonesia antara lain adalah Provinsi Banten dengan jumlah desa sebanyak 1.238, kemudian Kalimantan Tengah dengan 1.432 desa, Papua dengan 5.411 desa, Kalimantan Barat (Kalbar) dengan 2.031 desa dan Provinsi Maluku yang memiliki 1.198 desa.

Baca juga: Kementerian Desa: BLT tersalur ke 23.963 desa

Halim mengatakan sebanyak 3.802.366 keluarga penerima manfaat (KPM) telah menerima BLT Dana Desa dengan total dana yang sudah disalurkan sebanyak Rp2,28 triliun.

Dia berharap penyaluran BLT Dana Desa tersebut dapat semuanya tersalurkan pada satu atau dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Mudah-mudahan satu atau dua hari setelah libur Lebaran nanti semua desa sudah menyalurkan BLT Dana Desa, dan kita berharap seluruh desa dan seluruh keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa sudah menerima saluran Dana Desa untuk tahap pertama," katanya.

Baca juga: Mendes sebut 17.259 desa telah menyalurkan BLT Dana Desa

 

Pewarta: Katriana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020