Jakarta (ANTARA) - Setelah sempat menunda perilisan album keempatnya, band rock asal Inggris, The 1975 akhirnya merilis album mereka bertajuk "Notes on Conditional Form", yang diklaim merupakan curahan beragam emosi dan genre musik band tersebut.

Dikutip dari Pitch Fork, Jumat, album baru ini menampilkan banyak lagu yang telah mereka bagikan menjelang rilis, termasuk "The 1975," "People," "Guys," "The Birthday Party," "Jesus Christ 2005 God Bless America," dan "Me & You Together Song".

Musisi lainnya seperti FKA Twigs dan Phoebe Bridgers juga turut membantu Matty Healy cs dalam penggarapan album ini. Bahkan, aktivis iklim Greta Thunberg juga muncul di salah satu lagu.

Vokalis Matty Healy mengatakan bahwa album baru ini merupakan cara bandnya mengeksplorasi berbagai gaya musik. Tidak mengherankan, mengingat selera budaya Healy pun dikenal luas.

Baca juga: Rihanna hanya akan rilis album baru saat hatinya merasa senang

Baca juga: Ada Juice WRLD di album baru Eminem, "Music to be Murdered By"


"Saya selalu memasukkan (berbagai hal baru)," katanya. "Sejak kami mulai membuat album pertama kami, saya nggak suka menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak membuat saya cemburu atau tidak informatif dalam beberapa hal."

Inspirasi, menurut dia, bisa muncul melalui hal-hal kecil yang lewat atau tengah ia lakukan.

Misalnya di sela-sela menonton debat politik di YouTube, menulis musik baru, hingga membersihkan anjingnya, ia berbicara tentang beberapa konsep, orang, dan acara yang memberi informasi tentang karya terbaru kelompoknya.

The 1975 sendiri juga terkenal vokal dalam menyuarakan banyak isu, mulai dari perubahan iklim, hingga membahas kesehatan mental dan adiksi melalui beberapa lagunya.

Isu kesehatan mental, khususnya, ia bungkus se-otentik mungkin agar perasaan tersebut bisa tersampaikan kepada pendengarnya.

"Saya harus membuatnya tidak berkilauan, karena semua hal yang benar-benar saya tangani, seperti kecanduan narkoba atau kesehatan mental, tidak glamor," ujar Matty.

Album "Notes on Conditional Form" adalah album keempat The 1975. Dalam minggu-minggu menjelang rilis album, mereka telah melakukan streaming/listening party untuk tiga album pertama mereka setiap hari Jumat di Twitter dan Spotify.

Seri ini akan memuncak dengan streaming party dari album "Notes on Conditional Form". Bagi penggemar The 1975 dapat melakukan streaming party tersebut pada Sabtu (23/5) pukul 01.00 WIB.

Vokalis Matty Healy bekerja sama dengan The Face Magazine dalam acara podcast khusus di mana ia mewawancarai para musisi kondang seperti Stevie Nicks, Brian Eno dan Mike Kinsella.

Baca juga: Matty Healy "The 1975" sebut "lockdown" membuatnya produktif

Baca juga: Katy Perry kembali bermusik lewat lagu "Daisies" dan album baru

Baca juga: Joji umumkan album baru lewat single "Gimme Love"


Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020