17 pasien COVID-19 di Padang Panjang dinyatakan sembuh

17 pasien COVID-19 di Padang Panjang dinyatakan sembuh

  Juru Bicara Penanganan COVID-19 Padang Panjang Ampera Salim. (Dokumentasi pribadi)

Sebelumnya sudah 12 orang yang dinyatakan sembuh dan hari ini bertambah lima orang lagi sehingga total menjadi 17 orang
Padang Panjang, (ANTARA) - Sebanyak 17 dari 25 pasien positif coronavirus disease (COVID-19) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, dinyatakan sembuh dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

"Alhamdulillah kabar baik lagi untuk Padang Panjang. Sebelumnya sudah 12 orang yang dinyatakan sembuh dan hari ini bertambah lima orang lagi sehingga total menjadi 17 orang," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Padang Panjang, Ampera Salim di Padang Panjang, Jumat.

Baca juga: 10 tenaga kesehatan Padang Panjang dinyatakan sembuh dari COVID-19

Kesembuhan para pasien dinyatakan setelah hasil pemeriksaan swab lanjutan sebanyak dua kali dari laboratorium Unand terhadap pasien menunjukkan hasil negatif.

Ia merinci lima orang dinyatakan sembuh hari Jumat ini (22/5) adalah satu warga Kelurahan Koto Katiak, satu warga Kelurahan Ngalau dan tiga warga Kelurahan Kampung Manggis.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Padang Panjang bertambah tiga orang

Sementara 12 pasien lainnya dinyatakan sembuh dari COVID-19 yakni 10 orang dinyatakan sembuh pada Selasa(12/5), satu orang pada Jumat(15/5) dan satu orang pada Senin(18/5).

"Semakin banyak yang sembuh. Ini kabar baik untuk warga Padang Panjang khususnya dan semoga menjadi penambah semangat bagi pasien yang masih menjalani perawatan dan keluarganya agar selalu semangat dan yakin," ujarnya.

Baca juga: Jadi 19, kasus positif COVID-19 di Padang Panjang-Sumbar bertambah

Pasien yang sudah sembuh dan semua warga di daerah itu diminta untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, mengenakan masker, tidak keluar rumah kecuali untuk urusan penting dan mendesak serta mematuhi bentuk aturan lainnya yang diberlakukan dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"PSBB sudah diperpanjang lagi hingga 29 Mei 2020. Kami harap semua warga mematuhi aturan di PSBB karena ini upaya kita bersama agar dapat segera memutus rantai penularan virus dan bisa beraktivitas normal kembali," katanya.

Sementara sejak diumumkan kasus positif COVID-19 di penghujung April 2020 lalu menimpa seorang pasien yang berobat ke RSUD Padang Panjang, sudah dilakukan pemeriksaan swab terhadap 995 warga di kota berjuluk Serambi Mekah tersebut.

Baca juga: Layanan di RSUD Padang Panjang ditutup sementara waktu

Dari jumlah itu, sebanyak 953 telah selesai diperiksa dengan rincian 25 orang positif COVID-19, 917 orang hasil negatif, belum dapat disimpulkan atau inconclusif sembilan orang dan invalid dua orang.

"Sekarang kita menunggu hasil pemeriksaan 44 orang lagi. Semoga hasilnya negatif atau tidak ada lagi tambahan kasus positif," katanya.

Baca juga: 13 tenaga kesehatan RSUD Padang Panjang positif COVID-19
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI : Antrean panjang SPBU bukan karena nontunai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar