Jakarta (ANTARA) - Salah satu kunci agar kue-kue kering salah satunya nastar buatan Anda awet atau tak mudah bulukan atau berjamur terletak pada pemilihan tepung, menurut Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Chef Bahran.

"Fenomena yang sering terjadi, membuat nastar dan lain-lain banyak banyak yang akhirnya buluk atau berjamur karena terlalu lama disimpan. Apa lagi sekarang Lebaran tidak terima tamu karena musim corona, tipsnya adalah, gunakan tepung jangan yang curah," kata dia dalam diskusi media via daring belum lama ini.

Chef Bahran menyarankan penggunaan tepung yang dikemas dan memiliki merek pada kue kering Anda. Begitu juga dengan mentega atau margarin, sebaiknya pilih yang dikemas jangan yang curah.

Baca juga: Sarapan, tips agar tak kalap makan saat Lebaran

Baca juga: Menu Lebaran - Nastar untuk penyandang diabetes Ala Chef Bahran


Selain itu, perhatikan juga tempat penyimpanan setelah kue matang. Sebaiknya simpan sebagian kue di kulkas atau lemari es supaya awet hingga Idul Adha nanti.

"Setelah matang simpan sebagian nastar atau kue Lebaran di kulkas supaya awet sampai Lebaran haji," tutur Chef Bahran.

Kue kering Lebaran umumnya mengandung banyak gula, mentega, susu, dan krim dengan kandungan lemak jenuh sehingga perhatikan asupannya jangan sampai berlebihan, terutama bagi mereka yang menyandang diabetes.

Agar lebih sehat, Anda bisa mencampur bahan tepung dengan tepung terigu khusus untuk membuat kue atau tepung gandum, lalu memilih pemanis selain gula, mengganti mentega dengan versi yang lebih sehat.

"(Mentega sehat) Anda bisa mendapatkannya dengan mencampurkan margarin rendah lemak atau minyak canola (atau juga vegetable oil ) ke dalam campuran sehingga kandungan lemaknya bisa dikurangi," kata Bahran.

Jika memungkinkan, tambahkan buah dalam menu kue kering Anda, untuk menambahkan asupan serat ke kue. Anda dapat mencoba menambahkan beberapa jenis buah saat membuat kue kering, seperti buah beri, kelapa, atau buah kering rendah gula.

Baca juga: Kahk el-Eid, kue Lebaran khas dari Mesir

Baca juga: Ahli gizi: Konsumsi tiga nastar sama dengan sepiring nasi

Baca juga: Tak perlu keluar rumah, minuman bubble tea bisa dibuat sendiri

Baca juga: Menu Lebaran - Beef curry yogurt wrapping

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020