Karawang (ANTARA News) - Banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meluas setelah hujan deras kembali mengguyur pada Kamis.

Data Dinas Sosial Karawang menyebut banjir sudah menggenangi desa-desa di 13 kecamatan di kabupaten itu.

Ketiga belas kecamatan dimaksud adalah Kecamatan Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, Karawang Barat, Cilamaya Wetan, Tirtajaya, Cibuaya, Pakisjaya, Telagasari, Tempuran, Pangkalan, Rengasdengklok, Batujaya, dan Jayakerta.

Ketinggian air banjir di 13 kecamatan itu berbeda-beda, di Perumahan Karaba (Karawang Barat) misalnya, kedalaman genangan mencapai sekira 2 meter.

Selain hujan deras, banjir juga disebabkan oleh meluapnya Sungai Cibeet yang berada tidak jauh dari pemukiman warga. Ratusan rumah dan beberapa fasilitas umum terendam.

Di Dusun Cikeot, Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, banjir dipicu oleh jebolnya tanggul sungai Citarum sepanjang sekira 200 meter.

Tanggul Sungai Citarum jebol sekira pukul 8.00 WIB dan luapan airnya memaksa sedikitnya 200 keluarga mengungsi ke beberapa fasilitas umum di sekitarnya.

Beberapa ruas jalan di 13 kecamatan itu juga terendam hingga tidak bisa dilalui kendaraan kecil, juga ratusan hektar areal persawahan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009