RSUD Belitung umumkan penambahan tiga kasus baru positif COVID-19

RSUD Belitung umumkan penambahan tiga kasus baru positif COVID-19

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra (ANTARA/kasmono)

Belitung,Babel (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengumumkan penambahan tiga kasus baru positif COVID-19 setelah sebelumnya seluruh pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut telah dinyatakan sembuh.

"Dengan hasil demikian maka RSUD Belitung kembali menangani tiga pasien positif COVID-19. Saat ini seluruh pasien telah diisolasi di rumah sakit untuk menjalani perawatan sampai sembuh," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp.An di Tanjung Pandan, Sabtu.

Baca juga: Seorang pria di Kotim kembali dinyatakan positif COVID-19

Menurut dia, laboratorium biomedis real time PCR dengan alat TCM yang mulai dioperasionalkan oleh RSUD Belitung telah memeriksa delapan spesimen swab milik empat pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) di daerah itu dengan hasil tiga positif dan satu negatif.

Dua pasien positif tersebut diketahui pernah melakukan riwayat perjalanan dari Bangladesh dan Jakarta sedangkan satu pasien positif lainnya diketahui pernah melakukan perjalanan ke Jawa Barat.

"Kondisi ketiga pasien tersebut saat ini sehat tanpa menunjukkan gejala klinis terkait COVID-19," ujarnya.

Untuk itu, kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan ketiga pasien positif tersebut baik dalam satu ruangan maupun dalam satu moda transportasi diharapkan untuk melapor dan memeriksakan diri di posko COVID-19.

"Akan dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai dengan protap yang berlaku untuk mencegah penyebaran kasus lebih luas,' katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam pencegahan penanganan dan penyebaran COVID-19 seperti senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan tidak berkumpul di tempat keramaian dan selalu jaga jarak karena sebentar lagi Idul Fitri jadi tetap bersilaturahim tidak melakukan kontak erat dan tetap menjaga jarak," ujarnya.

Baca juga: Bertambah sembilan, positif COVID-19 di Sultra menjadi 211 orang
Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara ucapkan selamat Idul Fitri 1441 H






 

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Terkini COVID-19 DKI Jakarta : 1.558 sembuh dari 6.316 kasus positif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar