KPU Bantul siap gelar diskusi online kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020

KPU Bantul siap gelar diskusi online kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho dan komisioner (ANTARA/Hery Sidik)

Diskusi online dengan tema kesiapan penyelenggaraan Pilkada Bantul di tengah pandemi COVID-19
Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan diskusi secara online atau dalam jaringan tentang kesiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020 di tengah pandemi COVID-19.

"Diskusi onlie yang akan diadakan pada akhir bulan Mei ini akan mengulas kesiapan penyelenggara pemilihan, baik itu KPU Bantul maupun Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Bantul," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Bantul, Sabtu.
Baca juga: Bawaslu Bantul nonaktifkan sementara 126 pengawas pilkada


Menurut dia, diskusi online dengan tema kesiapan penyelenggaraan Pilkada Bantul di tengah pandemi COVID-19 itu dilaksanakan, menyusul telah selesainya kegiatan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula melalui virtual short course yang diadakan lembaganya beberapa hari lalu.

Menurut dia, peserta dalam diskusi online ini terdiri dari perwakilan partai politik, Polres Bantul, Kodim/0729 Bantul, unsur organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat serta pemerhati demokrasi dan kepemiluan di Bantul.

Selain kesiapan penyelenggara pemilihan, kata dia, dalam diskusi online tersebut nantinya juga akan diulas berkaitan dengan kesiapan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dalam pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah yang direncanakan pada Desember 2020.

"Bahwa diskusi ini penting untuk sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terkini tentang kesiapan para pihak dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020," kata Didik.

Sebelumnya, KPU Bantul telah mengadakan kegiatan 'virtual short course' pendidikan pemilih pemula pada 6, 8, 13 dan 15 Mei 2020 yang diikuti sekitar 40 orang dari Ketua OSIS SMA/SMK/MA se-Bantul yang tergabung dalam Komunitas Pelajar Peduli Demokrasi (KOMPPAK).

"Pendidikan pemilih melalui virtual short course ini merupakan adaptasi KPU Bantul sebagai penyelenggara pemilu terhadap situasi pendemi COVID-19 dalam hal menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang saat ini masih dalam masa penundaan," kata Komisioner KPU Bantul Nyamuk Istiqomah.
Baca juga: KPU Bantul tunda beberapa tahapan Pilkada cegah penyebaran COVID-19


Menurut dia, dalam virtual short course ini disampaikan tema-tema yang berkaitan dengan demokrasi dan pemilihan kepala daerah, di antaranya urgensi demokrasi dalam pemilihan kepala daerah.

"Kemudian juga tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah serta kontribusi pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah," kata ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Bantul tersebut.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar