Kemarin, 430 ribu kendaraan keluar Jakarta sampai waspada kelola utang

Kemarin, 430 ribu kendaraan keluar Jakarta sampai waspada kelola utang

ILUSTRASI: Utang luar negeri Indonesia. ANTARA/Pixabay/Artbaggage/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (23/5), mulai dari H-2 Lebaran 430 ribu kendaraan tinggalkan Jakarta hingga waspada kelola utang di masa pandemi COVID-19.

Berikut adalah lima berita ekonomi yang masih layak untuk disimak.

1. H-2 Lebaran, Jasa Marga catat 430 ribu kendaraan tinggalkan Jakarta

Selama periode H-7 sampai dengan H-2 Lebaran 2020, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 430.993 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, Barat dan Selatan.

"Angka ini turun 61 persen dari lalu lintas (lalin) dari periode Lebaran tahun 2019," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

2. BNI proaktif bantu penanganan wabah COVID-19

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk secara proaktif membantu pemerintah menangani wabah virus corona (COVID-19) mulai dari menyalurkan bantuan alat bantu kesehatan (APD), alat tes "Polymerase Chain Reaction" (PCR) hingga tes cairan tenggorokan (swab) gratis.

"Untuk peserta tes swab gratis kami seleksi dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan sekaligus memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait untuk pemetaan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia," ujar Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI, Bob T Ananta melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. AP II alokasikan Rp9,7 miliar dukung tim medis lawan COVID-19

PT Angkasa Pura II (Persero) mengalokasikan Rp9,739 miliar untuk mendukung masyarakat dan sektor kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Dana tersebut digunakan untuk menyalurkan sembako bagi masyarakat serta memperkuat kelengkapan perlengkapan medis seperti pakaian hazmat/alat pelindung diri (APD), thermal gun, berbagai jenis masker, nurse cap, hand sanitizer, face shield, sepatu boots, hingga ranjang pasien (bed), dan tiang infus.

Simak berita lengkapnya di sini

4. KKP salurkan Sedekah Ikan Ramadhan bagi penggerak konservasi

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Kalimantan Barat, menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan bagi kelompok masyarakat penggerak konservasi di Singkawang.

Kepala BPSPL Pontianak Getreda M Hehanussa pada Sabtu menyatakan, Kota Singkawang yang memiliki waktu tempuh tiga jam dari Pontianak, dipilih karena di sana terdapat kelompok yang sukses dalam melakukan upaya konservasi mangrove yaitu Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Waspada kelola utang di masa pandemi COVID-19

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) Semester II-2019 kepada lembaga perwakilan dan pemerintah. Laporan ini merupakan bukti bahwa program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan, secara transparan oleh pemerintah.

Dalam penyampaian IHPS tersebut, BPK menyampaikan terdapat 13 hasil pemeriksaan kinerja pada pemerintah pusat yang menjadi sorotan penting. Menurut BPK, apabila permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah tersebut tidak diatasi, maka dampaknya dapat mempengaruhi efektivitas kegiatan.

Salah satu hasil pemeriksaan kinerja itu adalah pengelolaan utang pemerintah pusat yang dinilai kurang efektif untuk menjamin biaya minimal dan risiko terkendali serta kesinambungan fiskal.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemarin HS Dillon meninggal di Bali akibat sakit jantung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar