Manado (ANTARA News) - Banyaknya peserta dalam pemecahan rekor dunia di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Minggu pagi, menunjukan bahwa olahraga menyelam semakin diminati.

"Saya senang olahraga ini semakin diminati, bahkan dari 1.806 penyelam yang ikut memecahkan rekor dunia lebih dari 200 orang wanita," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Freddy Numberi, di Manado, Minggu.

Olahraga selam, menurut Freddy, memang merupakan olahraga mahal. Namun dalam perkembangannya ia menilai olahraga ini semakin banyak peminat.

"Ini sangat baik mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan sudah sepantasnya olahraga ini (selam) banyak peminatnya," tambah Freddy.

POSSI di daerah bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), lanjut dia, harus turut membantu menggiatkan olahraga selam ini.

Pemecahan rekor penyelaman dunia oleh Indonesia yang kini tercatat dalam Guiness Book of Record melibatkan lebih dari 1.806 penyelam, ujar dia.

"Mereka menyelam 25 menit, cukup lama. Tentu Indonesia berbangga hati, harapan saya ini bisa kembali dilakukan," ujar Freddy.

Sementara itu, menurut Menteri Kelautan dan Perikanan ini, pemerintah akan kembali menggelar ajang tahunan "Sail Indonesia" tahun 2010 yang bertempat di Ambon.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009