Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selain memilih melakukan silaturahmi virtual bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri 1441H, juga bercerita tentang kegiatannya bersama keluarga kecilnya merayakan lebaran mulai dari Shalat Id hingga makan lontong di rumah.

"Jadi kita Shalat Id di rumah, terus cuma sekeluarga aja. Sesudah Shalat Id kita makan Lebaran. Makan Lebaran yang selalu unik," kata Anies dalam siaran langsungnya di kanal instagram miliknya @aniesbaswedan, Minggu.

Ia pun melontarkan pertanyaan kepada penonton siaran langsungnya, apakah penontonnya merupakan orang yang memakan ketupat atau lontong di saat merayakan Lebaran.

Anies pun bercerita bahwa keluarganya sedikit unik. Alih-alih memakan ketupat yang memang khas lebaran, pria yang sempat tinggal di Yogyakarta itu ternyata memilih makan lontong.

"Teman-teman (makan lebarannya), lontong apa ketupat? Kalau kita lontong. Lontong itu dicampur semua masakannya," kata Anies bercerita di sela-sela menunggu anggota keluarga besarnya lengkap untuk melakukan silahturahmi virtual.

Baca juga: Anies silaturahmi virtual rayakan Lebaran di tengah COVID-19
Baca juga: Anies: Masyarakat yang tetap di rumah adalah pahlawan


Dalam siaran langsungnya itu pun, Anies dan keluarga juga menyediakan kue kering khas Lebaran sebanyak dua toples yang ditaruh di meja untuk menemani momen Lebaran jarak jauh di tengah pandemi COVID-19.

Usai bercerita tentang kegiatan Lebaran di rumahnya dan anggota keluarga besarnya sudah lengkap, Anies pun berpamitan kepada penontonnya untuk mengakhiri siaran langsungnya.

"Nih suasana silaturahminya, silahturahmi jarak jauh. Kalau gitu, nanti kita terusin lagi ya. Salam untuk semuanya. Sekali lagi Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Walfaidin. Dadah semuanya, sampai ketemu lagi," kata Anies sambil melambaikan tangan bersama keluarganya menandakan siaran langsung instagramnya diakhiri.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020