Cara Zaskia Adya Mecca rayakan Lebaran

Cara Zaskia Adya Mecca rayakan Lebaran

Pasangan sutradara Hanung Bramantyo dan aktris Zaskia Adya Mecca (ANTARA/Instagram @zaskiaadyamecca)

Jakarta (ANTARA) - Sejak masa karantina berlangsung, Zaskia Adya Mecca tinggal di Yogyakarta, kota kelahiran sang suami, Hanung Bramantyo.

 Zaskia pun merayakan Lebaran bersama keluarga besar sang suami.

Melalui laman Instagramnya dikutip Minggu, Zaskia bercerita menyiapkan teras rumahnya untuk melaksanakan shalat Ied bersama mertua dan para iparnya. Menurutnya, ini adalah pengalaman baru yang menarik.

"Sengaja kita di teras karena enggak bisa ke lapangan luas, setidaknya kita lakuin di luar ruangan juga. Alhamdullilah pengalaman baru yang sangat berkesan, kalian bagaimana?" ujar Zaskia.

Setelah shalat Ied bersama, Zaskia dan Hanung melanjutkan dengan acara sungkeman. Ia sangat bersyukur walau di tengah pandemi namun masih dapat berkumpul dengan orang-orang tersayang.

"Alhamdulillah masih bisa kumpul seramai ini, berkah Uti (eyang putri) punya anak banyak ngelihatnya bahagia banget masa tuanya. Ada lima anak (walau satu di Madinah enggak bisa ikut kumpul) tapi tetap berasa ramai ini empat keluarga," jelasnya.

Acara silaturahmi ini pun ditutup dengan foto bersama. Menurut Zaskia, ritual foto harus dilakukan secepat mungkin sebelum anak-anak kecil pergi bermain dan menumpahkan makanan di pakaian.

Sementara itu, Ramadhan tahun 2020 begitu spesial baginya. Awalnya ia merasa sedih karena tidak dapat melakukan tarawih, itikaf dan ibadah di masjid secara maksimal lantaran lock down.

Namun setelah dijalani, banyak hal baik yang ia rasakan seperti buka puasa dan sahur selalu bersama keluarga. Rutinitas semacam ini tak pernah ia rasakan saat berada di Jakarta atau dalam kondisi normal.

"Buat saya Ramadhan ini terspesial sepanjang hidup, bisa ibadah lebih khusyuk di rumah sama keluarga, shalat lima waktu bersama mereka, suami semangat nambahin hafalan surat-surat untuk menjadi imam setiap saat, enggak ada pikiran terbagi antara mau kerjain urusan dunia (kerja-bukber ke sana ke mari), sahur dan buka selalu sama keluarga ngeriung di meja makan," kata Zaskia.

"Lihat sisi lainnya, akan selalu ada hikmah dari setiap kejadian karena Allah lah sebaik-baiknya perencana," lanjutnya.


Baca juga: Ivan Gunawan ingin rayakan Lebaran di rumah orang tua

Baca juga: Tahun ini Nikita Mirzani tidak bagi-bagi THR

Baca juga: Rano Karno sedih Lebaran tak bisa silaturahmi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar