Sejumlah perwakilan asing beri semangat Idul Fitri di tengah pandemi

Sejumlah perwakilan asing beri semangat Idul Fitri di tengah pandemi

Petugas memeriksa suhu badan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1411 Hijriah di Masjid Raya Medan. (ANTARA/Munawar)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perwakilan negara asing di Indonesia menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri bagi seluruh Muslim di Indonesia, serta memberikan semangat hari kemenangan yang tahun ini dirayakan di tengah pandemi virus COVID-19.

Ucapan antara lain disampaikan oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia  Jonathan Austin melalui video yang diunggah di akun Twitter Kedubes Selandia Baru di Jakarta @NZinJakarta pada Minggu.

“Atas nama Kedubes Selandia Baru, dari rumah kami kepada rumah Anda, kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” kata Dubes Austin yang menggunakan kemeja bermotif batik dalam video tersebut.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof memberikan pesan penyemangat bagi mereka yang tak dapat merayakan Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga seperti perayaan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya ingin mengucapkan selamat Idul Fitri. Merayakan (lebaran) mungkin tidak mudah dengan banyaknya keluarga-keluarga yang terpisah akibat COVID-19, namun yang lebih penting adalah kita menyayangi orang-orang tercinta meski dari jarak jauh,” kata Dubes Schoof dalam cuitannya di Twitter.

Dia melengkapi unggahannya tersebut dengan tagar #EidMubarak dan #StaySafe.

Sementara itu, perwakilan Amerika Serikat di Indonesia menggarisbawahi nilai-nilai toleransi dan kepedulian sesama yang masih terjalin dalam hubungan masyarakat Indonesia dan Amerika.

“Meskipun kita menghadapi tantangan baru tahun ini, nilai-nilai toleransi dan peduli terhadap sesama tetap menjadi inti dari persahabatan masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar AS di Jakarta Heather Variava melalui unggahan video.

Dia pun mengucapkan selamat Idul Fitri dan menyampaikan mohon maaf lahir dan batin atas nama seluruh rakyat Amerika Serikat, bagi masyarakat Indonesia yang merayakan hari suci tersebut.

Ucapan melalui video juga disampaikan oleh perwakilan Belanda untuk Indonesia. Jajaran pekerja di lingkungan Kedubes Belanda di Jakarta membuat kompilasi video ucapan bagi umat Islam Indonesia.

“Meski kita tidak bisa merayakan (Idul Fitri) bersama-sama tahun ini, kami membuat kompilasi video untuk mengucapkan selamat Idul Fitri dari kami di Kedubes Belanda di Indonesia,” demikian cuitan Kedubes Belanda di Twitter.

Adapun dalam video tersebut, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns berharap hari spesial ini dapat membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran.


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tren gadai emas di Medan menurunĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar