Jakarta (ANTARA) - Personel grup idola K-pop SECRET NUMBER asal Indonesia, Dita Karang membagi kisah perjalanannya hingga akhirnya memulai debutnya sebagai seorang penyanyi di industri hiburan Korea Selatan itu.

Melalui siaran langsung di Instagram Live Dian Sastrowardoyo, Minggu, Dita mengungkapkan dirinya sudah lama ingin menjadi seorang penampil (performer). Hal ini terbukti dengan ia menempuh pendidikan hingga American Musical and Dramatic Academy (AMDA), New York, AS.

Seusai menyelesaikan pendidikannya, Pemilik nama asli Pupsa Aditya Karang itu mencoba peruntungannya untuk mendaftar di berbagai pertunjukan seni dan musikal, termasuk Broadway, sebagai seorang penari dan penampil.

Perjalanan gadis asal Yogyakarta ini tidak berjalan begitu mulus di musikal dan Broadway.

Namun, karena sudah memiliki ketertarikan dengan dunia K-pop, Dita lalu mencoba mengikuti berbagai audisi agensi hiburan Korea Selatan, dan akhirnya menjadi seorang trainee di VINE Entertainment yang menaunginya saat ini.

"Karena aku suka K-pop, aku daftar di dance studio K-pop gitu di New York. Ada audisi company yang macam-macam, termasuk Big Three (SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainmet) sempat ikut tapi enggak lolos," kenang Dita.

"Lalu ada company yang baru juga aku ikutin aja. Dan di antara semuanya, VINE Entertainment ini yang interested," ujarnya melanjutkan.

Setelah memulai masa trainee-nya di agensi tersebut, gadis berdarah Bali itu banyak berlatih dan belajar Bahasa Korea, baik secara formal maupun informal melalui percakapan sehari-hari dan drama Korea.

Ia mengaku sudah mulai bisa lancar berbicara Bahasa Korea setelah 5-6 bulan belajar secara intens.

Sementara itu, masa trainee Dita sendiri terbilang cukup normal hingga akhirnya memulai debut, yaitu hampir dua tahun lamanya.

Tinggal di Korea Selatan tentu membuatnya harus cepat beradaptasi dengan budaya di Negeri Gingseng itu. Selain itu, masa trainee pun menurutnya cukup berat bagi Dita, sehingga menjadi sebuah tantangan tersendiri.

"Capeknya itu beneran. Aku kira karena udah nge-dance dari dulu, cuma akan capek fisik aja, tapi juga capek mental," ujarnya.

"Tapi aku sadar kalau kita butuh orang yang bisa diajak ngobrol, seperti member-member aku, kita banyak sharing," kata gadis kelahiran 1996 tersebut.

Sementara itu, Dita debut bersama SECRET NUMBER pada 19 Mei, melalui lagu "Who Dis?", yang diproduseri oleh Melanie Fontana dan Michel 'Lindgren' Schulz, yang telah bekerja dengan Justin Bieber, The Chainsmokers, dan BTS.


Baca juga: Usai debut rutinitas Dita Karang mulai jam 3 pagi hingga tengah malam

Baca juga: Dita Karang, gadis Indonesia yang debut di grup K-pop SECRET NUMBER

Baca juga: Girlband K-pop besutan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie debut

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020