Whulandary Herman rayakan Lebaran dengan tradisi Minang

Whulandary Herman rayakan Lebaran dengan tradisi Minang

Whulandary Herman dan suami berpose saat momen Lebaran. (Instagram/@whulandary)

Jakarta (ANTARA) - Presenter dan juga model Whulandary Herman merayakan Lebaran bersama keluarga sang suami di Malaysia.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, dikutip Senin, Whulandary membagikan foto bersama sang suami sambil membawa rantang berisikan makanan. Dia menjelaskan bahwa membawa rantang berisi makanan menjadi salah satu tradisi masyarakat Minang saat Lebaran.

"Menikah dan memulai kehidupan baru di tempat baru ternyata banyak budaya yang berbeda. Seperti pagi ini papa Niki kaget aku bawa rantang ke rumah ibu nya. Beliau bilang kenapa harus bawa makanan? Kan disana banyak makanan," tulis Whulandary Herman di Instagram dikutip Senin.

Dia menjelaskan bahwa menghantarkan makanan dalam rantang pada saat Lebaran adalah tradisi turun temurun orang minang.

"Istilahnya 'Manjalang Mintuo'. Bukan hanya datang ke rumah dan saling maaf-bermaafan, tetapi disertai juga dengan membawa rantang yang berisi bermacam masakan buatan sendiri," tambahnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cerita Aidil Fitri ku,, Menikah dan memulai kehidupan baru di tempat baru ternyata banyak budaya yg berbeda. Seperti pagi ini papa Niki kaget aku bawa rantang kerumah ibu nya, Beliau bilang kenapa harus bawa makanan? Kan disana banyak makanan.. Dan aku juga mesti menjelaskan ke mertua ku karena beliau tampak kaget dg kedatangan si rantang ini, Nah ini adalah tradisi turun temurun orang minang istilah nya “manjalang Mintuo” bukan hanya datang ke rumah dan saling maaf-bermaafan, tetapi disertai juga dg membawa rantang yang berisi bermacam masakan buatan sendiri .. Makanan tersebut akan dihidangkan dan dimakan bersama-sama Biasanya tradisi ini dilalukan ketika menyambut bulan ramadhan dan hari raya Aidil fitri. Alhamdulillah mereka tampak senang sekali dg semua makanan yang aku bawa , Nah pertanyaan ku , teman teman tahu nga isi rantang itu apa kira kira? masih ada yang ngejalanin tradisi Manjalang mintuo nga ? - - - Terkhusus buat orang minang ❤️ Rantang all the way bawa dari jakarta Terimakasih unk ibu dan almarhum nenek ku yang biasa mendidik dan membesarkan aku dg budaya minang yg sangat kental, dan mengingatkan ku terus tentang dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung❤️❤️❤️❤️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Whulandary Herman (@whulandary) pada


Mantan Puteri Indonesia itu menjelaskan bahwa isi rantang tersebut kemudian disantap bersama-sama di momen Lebaran. Whulandary pun mengatakan bahwa keluarga sang suami tampak senang dengan hal tersebut.

"Biasanya tradisi ini dilalukan ketika menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Aidil Fitri. Alhamdulillah mereka tampak senang sekali dengan semua makanan yang aku bawa," jelasnya.

Meskipun Whulandary Herman kini telah menetap di Malaysia, namun dia masih tetap mempertahankan tradisi yang sudah dilakukan turun temurun.

"Terima kasih untuk ibu dan almarhum nenekku yang biasa mendidik dan membesarkan aku dengan budaya Minang yang sangat kental, dan mengingatkan ku terus tentang di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," imbuhnya.


Baca juga: Cara Zaskia Adya Mecca rayakan Lebaran

Baca juga: Rano Karno sedih Lebaran tak bisa silaturahim

Baca juga: Ivan Gunawan ingin rayakan Lebaran di rumah orang tua

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Operasi Ketupat 2020: 132.582 kendaraan diputarbalikkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar