Bertambah satu lagi, kasus positif di Kudus-Jateng jadi 34 orang

Bertambah satu lagi, kasus positif di Kudus-Jateng jadi 34 orang

Petugas kesehatan di Kabupaten Kudus, Jateng, melakukan tes cepat COVID-19 kepada warga. (FOTO ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Berdasarkan penelusuran sementara, pasien positif COVID-19 tersebut tidak ada ada kontak penderita maupun riwayat perjalanan dari daerah pandemi.
Kudus (ANTARA) - Jumlah kasus terkonfirmasi positif penyakit virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini bertambah satu lagi sehingga totalnya ada sebanyak 34 kasus yang dinyatakan positif COVID-19.

"Jika ditotal dengan pasien luar daerah, saat ini ada empat kasus terkonfirmasi positif corona. Dua di antaranya dari dalam wilayah dan dua lainnya dari luar wilayah," kata Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Senin.

Ia menjelaskan bahwa data sebelumnya ada dua kasus, kemudian ada tambah kasus positif dua orang dari dalam wilayah dan luar wilayah.

Salah satunya, laki-laki (57) dengan tempat tinggal di Kecamatan Kota Kudus dan menjalani perawatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus pada tagal 21 Mei 2020.

Ia mengatakan berdasarkan penelusuran sementara, pasien positif COVID-19 tersebut tidak ada ada kontak penderita maupun riwayat perjalanan dari daerah pandemi.

Sementara pasien kedua, juga laki-laki dengan usia 61 tahun asal Gajah, Kabupaten Demak yang menjalani perawatan di rumah sakit yang sama sejak 23 Mei 2020.

"Informasinya, pasien tersebut juga tidak memiliki riwayat kontak maupun perjalanan ke daerah terjangkit," katanya dan menambahkan bahwa hasil "swab" (usap) tenggorokan kedua pasien tersebut baru diterima pada Minggu (24/5) pagi.

Dengan adanya tambahan kasus baru, katanya, total kasus COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Kabupaten Kudus sebanyak 51 kasus, 34 kasus di antaranya dari Kabupaten Kudus dan 17 kasus dari luar Kudus.

Sebanyak 34 kasus yang terjadi di Kudus, dua orang di antaranya menjalani perawatan, 28 orang dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal dunia.

Sementara 17 kasus dari luar wilayah, dua orang di antaranya masih dirawat, 15 orang dinyatakan sembuh, demikian Andini Aridewi.

Baca juga: Pengunjung pusat perbelanjaan di Kudus jadi sasaran rapid test corona

Baca juga: 36 tenaga kesehatan di Kudus terindikasi positif corona

Baca juga: Bawaslu Jateng desak tak ada kampanye terselubung saat pandemi COVID
​​​​​​​

Baca juga: Hasil rapid test corona di Pasar Kliwon Kudus enam orang reaktif

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jakarta catatkan rekor penambahan jumlah kasus baru COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar