KBRI London rayakan Idul Fitri bersama WNI di Inggris secara virtual

KBRI London rayakan Idul Fitri bersama WNI di Inggris secara  virtual

Acara Lebaran virtual yang digelar KBRI London bersama warga Indonesia di Inggris Raya dan Irlandia pada Minggu (24/5/2020). ANTARA/HO-KBRI London/am.

Meskipun pada masa sulit seperti ini, kita tetap memanfaatkan teknologi untuk tetap bertatap muka dan merayakan Idul Fitri bersama
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London menggelar acara Lebaran, silaturahmi dan halalbihalal secara virtual untuk merayakan Idul Fitri 1441 H bersama warga Indonesia di Inggris Raya dan Irlandia.

Sedikitnya 400 WNI di Inggris Raya dan Irlandia yang mengikuti kegiatan Lebaran virtual itu untuk saling mengucapkan selamat, saling memaafkan dan melepas kerinduan setelah lebih dari dua bulan menjalani penguncian  akibat COVID-19, menurut keterangan KBRI London yang diterima di Jakarta, Senin.

Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Rizal Sukma yang memberikan sambutan pada acara Lebaran virtual itu menyampaikan rasa syukur bahwa WNI tetap mematuhi imbauan pemerintah setempat mengenai COVID-19 untuk merayakan Idul Fitri dari rumah masing-masing.

"Meskipun pada masa sulit seperti ini, kita tetap memanfaatkan teknologi untuk tetap bertatap muka dan merayakan Idul Fitri bersama," ujar Dubes Rizal.

Baca juga: KBRI Roma gelar Idul Fitri virtual bersama WNI di Italia
Baca juga: Lebaran daring dilakukan Muslim Belgia


Segenap masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia melakukan doa bersama agar ibadah puasa pada bulan Ramadhan dapat menjadikan umat Muslim sebagai kaum yang bertakwa.

Pelaksana fungsi penerangan dan sosial budaya KBRI London, Hartyo Harkomoyo menjelaskan bahwa pada kesempatan Lebaran virtual itu, doa dan harapan dipanjatkan agar wabah COVID-19 dapat segera berlalu.

Beberapa wakil dari BUMN Indonesia yang berkantor di London dan organisasi-organisasi kemasyarakatan memanfaatkan acara Lebaran virtual itu untuk menyapa semua WNI di Inggris Raya dan Irlandia.

"Tercatat 19 BUMN dan organisasi kemasyarakatan berpartisipasi dan menyampaikan pesan-pesan Idul Fitri serta rasa solidaritas bersama dalam menghadapi wabah COVID-19," kata Hartyo.

Warga yang mengikuti acara Lebaran virtual KBRI London dihibur oleh Lucky Idol yang menyanyikan tiga lagu, yaitu lagu Imagine John Lennon, lagu Indonesia Pusaka dan lagu Selamat Hari Lebaran.

Selain itu, sejumlah artis dan tokoh yang memiliki keterikatan dengan WNI di Inggris juga menyapa warga, di antaranya Maya Estianti, Wiliam Wongso, Iis Dahlia dan Dira Sugandhi.
Penyanyi Maya Estianti berpartsipasi dalam acara Lebaran virtual yang digelar KBRI London bersama warga Indonesia di Inggris Raya dan Irlandia pada Minggu (24/5/2020). (HO-KBRI London)


Kepada WNI di Inggris, Maya Estianti mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 2020 dan mohon maaf lahir dan batin. Maya berpesan agar masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia tidak lupa untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

"Stay safe, stay healthy. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, cuci tangan selama 20 detik, membawa hand sanitizer kemana-mana dan tidur yang cukup," ujar Maya.

Baca juga: Warga Singapura masak biryani saat Idul Fitri untuk migran karantina
Baca juga: KBRI adakan halalbihalal virtual untuk WNI di Swedia, Latvia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lapas Wanita Malang melepas rindu secara virtual

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar