Pengusaha apresiasi komitmen Menteri BUMN berdayakan UMKM

Pengusaha apresiasi komitmen Menteri BUMN berdayakan UMKM

Ketua DPD Hippi DKI Jakarta Sarman Simanjorang dalam acara jumpa media di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020) ANTARA/Livia Kristianti.

dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini banyak UMKM yang telah mati suri, khususnya UMKM yang bergerak di sektor konstruksi dan konsultan
Jakarta (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Jakarta mengapresiasi komitmen Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang akan menggandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menggarap berbagai proyek pemerintah dan swasta dalam negeri.

Ketua DPD Hippi Jakarta Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan hal itu menjadi bentuk komitmen Kementerian BUMN dalam membina, memberdayakan dan mengembangkan UMKM agar lebih maju dan berpeluang naik kelas.

"Terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini banyak UMKM yang telah mati suri, khususnya
UMKM yang bergerak di sektor konstruksi dan konsultan tahun ini diperkirakan peluang mendapatkan pekerjaan dari pemerintah sangat kecil mengingat banyaknya anggaran pemerintah yang di-refocusing menangani COVID-19, sehingga kebijakan Menteri BUMN yang mewajibkan BUMN memberikan peluang kerja ke
pelaku usaha UMKM menjadi secercah harapan," katanya.

Sarman berharap kerja sama BUMN dengan UKM tidak terbatas hanya pada 30 BUMN, namun dapat mencakup semua BUMN untuk membina, memberdayakan dan mengembangkan UKM dengan berbagai bidang usaha sesuai peluang yang ada.

Dengan demikian, setelah COVID-19 berakhir, dunia usaha dapat lebih cepat bangkit dan berlari kencang menyediakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

"Hippi DKI yang 95 persen anggotanya pelaku UMKM
mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN atas kepedulian, perhatian dan kesempatan yang diberikan bermitra dengan UKM," katanya.

Dalam rangka menggali lebih jauh program BUMN tersebut, Sarman mengaku pihaknya akan menyelenggarakan diskusi daring bersama Menteri BUMN dan Menteri Koperasi dan UKM serta Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dengan tema Peran BUMN Dalam Pembinaan dan Pemberdayaan UMKM pascaCOVID-19.

Baca juga: Pengusaha khawatir peredaran uang ke daerah diproyeksi turun 80 persen
Baca juga: Dunia usaha harap stimulus per sektor atasi dampak COVID-19
Baca juga: Pengusaha usulkan ada komite percepatan pemulihan ekonomi nasional


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo : Google Cloud Platform wujud sinergi teknologi dan dunia usaha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar