Cara terbaik olah ubi jalar untuk turunkan berat badan

Cara terbaik olah ubi jalar untuk turunkan berat badan

Ubi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Ingin makan ubi? tak perlu ragu karena makanan ini bagus untuk kesehatan Anda antara lain mengandung banyak vitamin, serat, potasium, dan nutrisi lain yang membantu tubuh Anda melakukan fungsinya.

Namun, untuk tujuan penurunan berat badan, cara menyiapkan dan mengonsumsi ubi bisa meningkatkan atau malah meniadakan manfaatnya.

Dibandingkan sayuran lain seperti sayuran berdaun hijau, mentimun dan tomat, ubi secara signifikan tinggi karbohidrat. Berikut, ahli diet terdaftar, Alana Kessler memberikan tips mengolah ubi, seperti dilansir Medical Daily:

Baca juga: Air putih bantu cegah kenaikan berat badan

Baca juga: Minum sebelum makan terbukti bisa turunkan berat badan


Cara menyiapkan
Ubi memiliki banyak antioksidan dan serat dengan jumlah kalori yang sedikit lebih rendah. Namun, ini tergantung pada bagaimana Anda mempersiapkannya.

Kessler mengatakan ubi jalar goreng memiliki sedikit efek positif untuk menurunkan berat badan. Sebagai gantinya, kukus atau panggang ubi dengan sedikit kayu manis.

"Kayu manis untuk membantu menjaga kadar gula darah seimbang dan membantu mengelola hasrat ingin makan. Kombinasi ubi dan kayu manis lalu kontrol porsi yang sehat dan olahraga teratur menawarkan opsi lezat yang memuaskan tanpa mengurangi tujuan penurunan berat badan," kata Kessler.

Anda juga menambahkan bumbu lain seperti paprika atau pala, pada ubi panggang atau kukus untuk menambah rasa.

Baca juga: Teh Susu Bisa Mencegah Penurunan Berat Badan

Baca juga: Pertimbangkan hal ini jika mau turunkan berat badan saat Ramadhan


Cara konsumsi
Ubi jalar mengandung karbohidrat lebih tinggi daripada sayuran lainnya, ada baiknya mengurangi porsi jika Anda memperhatikan asupan karbohidrat Anda, menurut ahli diet Elizabeth Huggins.

Ubi seukuran dua bola tenis memiliki berat 12 ons mengandung 250 kalori dan 60 gram karbohidrat.

Jika Anda mempraktikkan diet rendah karbohidrat, Anda mungkin bisa memasukkan sedikit ubi dalam makanan, misalnya, mencampur 1/4 cangkir ubi dengan sepiring brokoli panggang.

Baca juga: Kulit ubi jalar ungu bisa bantu atasi diabetes

Baca juga: Jus seledri ampuh turunkan berat badan?

Baca juga: Diet seimbang untuk penurunan berat badan yang sehat

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar