Manado (ANTARA News) - Sebanyak 2.517 Anak Buah Kapal (ABK) dari berbagai negara ikut dalam parade bersama kapal perang di Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu.

"Para ABK itu berasal dari Amerika, Inggris, Australia, India, Pakistan, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea, dan Brunai Darusallam," Kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul.

Sitompul menjelaskan, para ABK itu akan ikut memberikan penghormatan kepada Menko Polhukam Laksamana TNI Widodo AS, yang mewakili presiden RI di panggung utama Blue Banter.

Parade kapal tersebut akan dilakukan Rabu sore, di sepanjang teluk Manado, dan dijadwalkan akan diikuti oleh lebih dari 100 kapal.

Parade kapal tersebut dinanti-nantikan warga Manado dan sekitarnya yang ingin menyaksikan kemeriahan tersebut.

"Kami ingin menonton parade kapal perang dan tiang tinggi yang akan digelar di teluk Manado, karena itu adalah hal yang sangat langka dan belum tentu akan terjadi dalam sepuluh tahun lagi," kata Cahyani Sutiarso, warga Sario.

Sementara itu sejumlah penduduk luar Kota Manado seperti dari Tomohon, Tondano dan Minahasa Utara dan sekitarnya sudah mulai berdatangan ke Manado untuk ikut menonton parade tersebut.

"Jauh-jauh dari Tompohon, saya ke pantai Manado supaya bisa menonton ratusan kapal yang akan parade di pantai Manado," kata Shinta dan Novri, warga Tomohon. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009