Bojonegoro (ANTARA News) - Komunitas Samin di Dusun Jepang, di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, merayakan HUT RI ke-64 dengan menggelar berbagai lomba.

"Berbagai lomba yang dilaksanakan diikuti anak-anak, remaja hingga ibu-ibu," kata Ketua Panitia Penyelenggara HUT RI ke-64 setempat, Moch Miran (43), Rabu.

Menurut dia, berbagai lomba yang digelar tersebut, sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam lomba reli sepeda motor diikuti sekitar 150 peserta yang semuanya warga di dusun setempat. Di dalam reli dengan jarak tempuh lima kilometer, mengambil lokasi di daerah setempat, yang berada di tengah-tengah kawasan hutan jati.

Para peserta reli, diwajibkan mengenakan helm standar dan mereka yang keluar sebagai pemenang, kriterianya adalah tertib dalam mengendarai sepeda motor.

"Hadiahnya bermacam-macam, mulai TV, kulkas dan lainnya," katanya menjelaskan.

Selain itu, panitia menggelar lomba balap karung, makan kerupuk, karaoke, panjat pinang dan menggendong "rinjing" yang khusus hanya diikuti ibu-ibu.

Dalam menggelar berbagai aneka lomba tersebut, panitia mendapatkan sponsor dari pihak luar, selain iuran dari warga berupa uang dengan jumlah Rp3 juta.

"Iuran dari warga ini suka rela," ia menjelaskan.

Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, berpenduduk 215 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1.200 jiwa, berada di tengah kawasan hutan jati dengan jarak sekitar 70 km dari Kota Bojonegoro dan hanya sekitar 12 km dari Ngawi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009