Gelanggang Remaja Gambir disiapkan sebagai karantina orang tanpa SIKM

Gelanggang Remaja Gambir disiapkan sebagai karantina orang tanpa SIKM

Fasilitas karantina yang disiapkan Pemerintah Kota Jakarta Pusat di Gedung Auditorium Gelanggang Remaja Gambir bagi pendatang dari luar Jakarta tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), Selasa (26/5/2020). ANTARA/HO-Kominfotik Jakpus/am.

Sebanyak 80 kasur lipat protabel sudah disiapkan bagi pendatang tanpa SIKM
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyiapkan Gedung Auditorium Gelanggang Remaja sebagai tempat karantina bagi pendatang yang menuju kawasan ibu kota tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sesuai Pergub DKI 47/2020.

"Sudah kita siapkan tempat tidur mereka, makan juga disiapkan nanti oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat terhadap penumpang yang terjaring (Operasi PSBB dan Pemeriksaan SIKM)," kata Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Fahmi pada saat dihubungi, Selasa.

Baca juga: Sampai Selasa pemohon SIKM 247 ribu, 1.213 penuhi syarat

Baca juga: Jaksel tutup 14 ruas jalan

Baca juga: DKI batasi arus balik untuk cegah "second wave"


Fahmi mengatakan ada sebanyak 80 kasur lipat portabel yang disediakan dan diberikan jarak sesuai protokol COVID-19 di Auditorium Gelanggang Remaja Gambir bagi pendatang yang ke Jakarta Pusat tanpa SIKM.

Disiapkannya lokasi isolasi mandiri itu juga untuk menindaklanjuti kegiatan Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang berencana menempatkan petugas keamanan dibantu oleh TNI dan Polri di Stasiun Gambir.

Karena Stasiun Gambir saat ini merupakan gerbang masuk bagi masyarakat menuju dan dari Jakarta di kawasan Jakarta Pusat.

"Kita kerahkan petugas sebanyak 20 orang. Semua wajib memiliki SIKM kecuali bagi tenaga medis, Polri, TNI," kata Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan saat dihubungi perihal operasi SIKM di Stasiun Gambir.

Nantinya jika ditemukan masyarakat dari luar Jakarta tanpa SIKM, Pemkot Jakarta Pusat akan melakukan pemeriksaan COVID-19.

Mereka yang terjaring diwajibkan tinggal di tempat karantina yang disiapkan yaitu Gedung Auditorium Gelanggang Remaja Gambir.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar