SIAPPTN adakan uji coba via daring masuk PTN

SIAPPTN adakan uji coba via daring masuk PTN

Ilustrasi - Peserta mengikuti pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Teknologi Bandung, Bandung. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/am.

Jakarta (ANTARA) - SIAPPTN menggelar uji coba (try out) akbar secara daring untuk masuk perguruan tinggi negeri di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar sehingga tetap memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru belajar dari rumah.

"SIAPPTN setiap bulan menyelenggarakan uji coba ujian tulis berbasis komputer (UTBK) gratis dan telah diikuti calon mahasiswa baru dengan rata-rata 25.000 peserta di setiap sesi," kata CEO SIAPPTN M Zulfikar Meylendra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Meski saat pandemi COVID-19, dia mengatakan hal tersebut tidak mengurangi kesempatan bagi para calon mahasiswa baru agar tetap mempersiapkan diri menghadapi UTBK PTN.

Zulfikar mengatakan SIAPPTN bekerja sama dengan President University memfasilitasi calon mahasiswa baru dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengerjakan soal UTBK pada uji coba yang akan dilaksanakan pada 10-14 Juni 2020 melalui laman siapptn.com.

Baca juga: Muhammadiyah gelar uji coba SBMPTN peringati Hardiknas

Baca juga: Panlok 50 Surabaya simulasikan SBMPTN model UTBK


"Soal yang akan diujikan adalah soal-soal TPS yang terdiri dari penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan dan menulis dan pengetahuan kuantitatif," kata dia.

Dia menargetkan uji coba dapat diikuti 100 ribu peserta di seluruh Indonesia. Sebagian keuntungan dari pendaftaran akan didonasikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 seiring dengan kampanye #TOSambilDonasi.

"Momentum ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil peran dalam membantu beban saudara-saudara kita," katanya.

Bersama President University, dia mengatakan SIAPPTN memberikan hadiah berupa uang tunai dan beasiswa kuliah di President University bagi peserta dengan total hadiah yang akan diberikan senilai Rp10 miliar untuk 30 peserta dengan nilai uji coba terbaik.*

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar