Jakarta (ANTARA) - Penyedia aplikasi on-demand Grab mencatat terdapat 4,2 juta olahan ayam goreng terjual lewat layanan pesan-antar makanan GrabFood selama Ramadhan tahun ini.

Melalui keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta pada Rabu, Grab menyatakan ayam tetap menjadi menu andalan masyarakat saat bulan puasa, namun, tren bergeser. Pada 2019, ayam penyet menjadi hidangan favorit.

Tahun ini, menu olahan ayam goreng seperti egg chicken roll dan ayam goreng crispy yang menjadi primadona.

GrabFood juga mencatat ada dua menu baru yang disukai saat Ramadhan, yaitu ikan sambal matah dan bebek goreng. Menurut mereka, jika disusun secara mendatar, 4,2 juta porsi ayam goreng mencapai panjang 168 kilometer atau setara dengan jarak Ancol (Jakarta Utara) ke Gedung Sate di Bandung (Jawa Barat).

Beberapa daerah juga memiliki menu andalan yang sering dipesan lewat layanan GrabFood, seperti masyarakat Surabaya yang sering memesan mie ayam pedas dan udang keju atau nasi urap dan kwetiau goreng di Medan.

Menu berbuka puasa menurut Grab juga berganti tren, tahun ini masyarakat sering memesan udang rambutan dan mie pedas serta susu segar. Menu ini berbeda dengan Ramadhan 2019 yang memiliki menu favorit pisang goreng hangat.

Sementara untuk sahur, masyarakat menggemari ayam goreng krispi dan nasi.

Grab baru saja memperkenalkan fitur Pengantaran Terjadwal pada April lalu, pengguna bisa memesan makanan mulai dua hari hingga dua jam sebelum pengantaran.

Sebanyak 70 persen pengguna menggunakan fitur tersebut untuk memesan makanan saat berbuka dan 5 persen untuk sahur.



Baca juga: Menguak rahasia di ayam, burger hingga kentang goreng McD

Baca juga: Gorengan Anda tak "crispy"? Ini sebabnya

Baca juga: Resep ayam goreng renyah lemon dari chef Michelin Star

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020