Moskow (ANTARA News/Khabar-OANA) - Ratusan warga Muslim di ibu kota Rusia, Moskow, memenuhi Masjid Pusat Moskow, pada Jumat (21/8) malam untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1430 Hijriyah yang jatuh pada Sabtu (22/8).

Seperti umat Muslim di negara lainnya, warga Muslim di Moskow juga mengisi Ramadhan dengan membaca Al-Quran, berzikir, bersedekah dan ibadah sosial lainnya.

Imam Masjid Pusat Moskow, Marat Arshabayev, mengatakan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu setiap Muslim, termasuk Muslim di Rusia.

Selain Muslim Rusia, para warga Muslim yang datang dari Kazakhstan, Saudi Arabia, Indonesia dan Malaysia juga bergabung untuk shalat tarawih di masjid tersebut.

Melaksanakan ajaran Nabi Muhammad dalam bulan ini bak mendapatkan pahala yang berlipat ganda dibanding bulan-bulan lainnya, oleh karena itu umat Muslim berlomba untuk berbuat kebaikan selama Ramadhan ini, kata Imam Marat Arshabayev.

Dalam pertengahan bulan Ramadhan, akan dibangun "tenda Ramadhan" di kompleks masjid yang terletak di pusat kota Moskow itu untuk menyediakan buka puasa bersama.

Hidangan buka puasa itu berupa kue-kue hangat dan disediakan pula masakan khas Turki dan Iran.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009