Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengikuti teleconference The Land Forces Pacific (LANPAC) Symposium, yakni Indo-Pasific Landpower Conference 2020 yang diikuti perwakilan sejumlah negara.

"Indo-Pacific Landpower Conference membahas keseimbangan keamanan wilayah serta respons dan penanganan terbaik pasukan USFK Semenanjung Korea terhadap COVID-19," kata dia, melalui siaran pers TNI AD, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: KSAD pimpin seminar daring penanganan COVID-19 RSPAD Gatot Subroto

Selain Indonesia, beberapa negara yang tergabung dalam wilayah kerja United States Army Pacific (USARPAC) mengikuti simposium itu, di antaranya India, Korea Selatan, Nepal, Kamboja, dan lain-lain.

Simposium yang rutin digelar setiap tahun itu pada pada tahun ini membahas mengenai pandemi Covid-19 yang telah menjangkiti masyarakat di belahan dunia.

Subtemanya, kata dia, membahas keseimbangan keamanan wilayah serta respon dan penanganan pasukan USFK (US Forces Korea) di Semenanjung Korea terhadap Covid-19.

Baca juga: Kasad: PSBB libatkan 8.121 personel TNI AD

Selain itu, terdapat pembahasan mengenai kampanye melawan Covid-19 dengan mengusung visi dan misi untuk melindungi pekerja dan prajurit.

Dipaparkan dalam simposium, terdapat pasukan dari militer untuk melindungi dan mempertahankan pasukan dengan menerapkan langkah-langkah perlindungan kesehatan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut Covid-19.

TNI AD rutin mengikuti simposium tahunan yang diadakan USARPAC itu dengan topik pembahasan yang disesuaikan dengan perkembangan situasi internasional.

Baca juga: KSAD sarankan ponsel dibawakan pada pasien COVID-19 saat webinar RSPAD

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020