Pemakaian internet Lebaran naik, didominasi konferensi video

Pemakaian internet Lebaran naik, didominasi konferensi video

Penggunaan data internet di rumah. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler 3 Indonesia menemukan lalu lintas data internet naik 57 persen pada hari pertama Idul Fitri 2020 dibandingkan dengan hari yang sama tahun lalu.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi," kata Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M Buldansyah, dalam keterangan pers, dikutip Kamis.

Jika dibandingkan dengan hari biasa sebelum kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku, kenaikan lalu lintas data saat Lebaran sebesar 19 persen. Sementara itu, bila dibandingkan dengan hari biasa selama PSBB, kenaikan berjumlah 8 persen.

Baca juga: Lalu lintas data Telkomsel naik 22 persen selama Ramadhan

Baca juga: Traffic internet naik 20 persen selama Ramadhan


Kenaikan traffic data disumbang oleh penggunaan aplikasi pesan instan dan video konferensi, terutama Zoom, yang meningkat hingga 87 persen saat hari pertama Idul Fitri.

Aplikasi pesan instan maupun panggilan video yang disukai para pengguna 3 juga termasuk WhatsApp dan Google Duo.

Jika penggunaan internet naik, layanan SMS dan panggilan suara konvensional turun masing-masing 20 persen dan 40 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu, menunjukkan pelanggan 3 banyak yang sudah beralih ke platform berbasis internet.

Operator seluler tersebut sudah melakukan peningkatan jaringan di 216 point of interest sebelum hari raya, terutama di daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik.

3 juga menambah kapasitas 4.000 BTS di area pemukiman penduduk dan mengerahkan 18 unit cells on wheels di beberapa titik strategis, optimasi jaringan juga berlaku di rumah sakit yang menjadi rujukan untuk kasus COVID-19.

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Baca juga: Lindungi privasi data selama "physical distancing"

Baca juga: Praktisi ingatkan antisipasi penggunaan high data internet

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres ikuti Ratas Kabinet melalui konferensi video

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar