Lebih baik sayuran atau buah dulu untuk turunkan berat badan?

Lebih baik sayuran atau buah dulu untuk turunkan berat badan?

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih, terutama usai Lebaran, bisa mencoba menyantap semangkuk sayuran ketimbang buah sebelum makan besar.

"Untuk menurunkan berat badan, buah dan sayur bisa menjadi solusi. Tapi kalori buah lebih tinggi, jadi (lebih baik) semangkuk sayur dulu baru makan besar," ujar dokter spesialis gizi klinik di Eka Hospital Cibubur, Imelda Goretti dalam diskusi "Bagaimana Kembali ke Berat Badan Ideal Setelah Lebaran" via daring, Kamis.

Semangkuk sayuran sebelum makan memungkinkan perut cukup terisi sehingga bisa mengurangi asupan makanan lain termasuk nasi yang berlebihan.

Mengenai ide menurunkan berat badan ada anggapan lebih baik melewatkan makan siang atau malam. Imelda tidak merekomendasikannya karena berisiko membuat Anda justru kalap di waktu makan.

"Saat tidak makan malam atau siang, begitu jam makan sangat kelaparan, ngemil dan makan dalam jumlah lebih banyak, makanya kami tidak anjurkan skip makan. Tetap makan sesuai jadwal namun porsinya diatur," tutur dia.

Berat badan yang naik salah satunya akibat asupan makanan mengandung lemak yang berlebihan, dibarengi malasnya berolahraga. Agar ini tak terjadi, perhatikan porsi makan Anda dan lakukanlah olahraga rutin.

"Tidak berarti samasekali tidak konsumsi lemak, karena kita butuh lemak, tetapi jumlah harus seimbang dan pilih jenis lemak baik," kata Imelda.

Bagi mereka yang ingin mengonsumsi buah dalam bentuk jus, tak apa sesekali walau sebenarnya lebih disarankan buah utuh karena tidak ada risiko Anda kehilangan serat dan vitamin.


Baca juga: Tips sederhana agar menu diet Anda lebih sehat

Baca juga: Mengapa ingin banyak "ngemil" selama WFH?

Baca juga: Empat kondisi orang yang seharusnya tidak menjalani puasa sewaktu

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar