254 taruna tingkat IV Akmil praktik aplikasi kepemimpinan

254 taruna tingkat IV Akmil praktik aplikasi kepemimpinan

Para taruna tingkat IV/Sermatutar Akademi Militer (Akmil) Magelang melaksanakan praktik aplikasi kepemimpinan. (ANTARA/HO - Penhumas Akmil)

Magelang (ANTARA) - Sebanyak 254 taruna tingkat IV/Sermatutar Akademi Militer (Akmil) Magelang terdiri atas 234 taruna dan 20 taruni melaksanakan praktik aplikasi kepemimpinan.

Praktik aplikasi kepemimpinan yang dilaksanakan di ruang kelas A Akmil Magelang, Jawa Tengah, Kamis, dipandu oleh para dosen dan guru militer di jajaran Akmil.

Kepala Departemen Kepemimpinan dan Kejuangan (Kadepimjuang) Akmil Kolonel Inf Ade Adrian mengatakan di institusi militer kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu organisasi mencapai tujuan atau tugas pokoknya.

Baca juga: Megawati kasih pesan kepada taruna Akmil dedikasikan diri untuk negara

"Kepemimpinan merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain (dalam hal pekerjaan) yang bertujuan mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya," katanya.

Ade Adrian selaku komandan latihan menyampaikan bahwa tujuan dari latihan ini adalah agar taruna tingkat IV/Sermatutar TP 2019/2020 mampu mengaplikasikan teori kepemimpinan di lapangan guna mendukung pelaksanaan tugas di satuan.

Menurut dia, sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan latihan ini adalah agar para taruna mampu mengaplikasikan kepemimpinan di "home base", mampu mengaplikasikan kepemimpinan di daerah operasi, dan mampu menuangkan gagasan secara lisan dan tulisan.

Baca juga: 254 taruna Akmil ikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara

Ia menyebutkan materi latihan yang menjadi pembahasan pada kegiatan praktik aplikasi ini, antara lain studi kasus 1 penyelundupan miras dan BBM (daerah operasi), studi kasus 2 bentrok TNI dengan Polri (daerah operasi), studi kasus 3 kecelakaan latihan (home base), studi kasus 4 nikah siri, utang piutang dan KDRT (home base).

Kemudian studi kasus 5 hilang senjata (daerah operasi), studi kasus 6 tidak hadir tanpa izin (daerah operasi), studi kasus 7 media sosial (home base), studi kasus 8 LGBT (home base), studi kasus 9 asusila (home base), studi kasus 10 debt collector (home base), studi kasus 11 netralitas TNI (home base), dan studi kasus 12 demo anggota (home base).

Baca juga: Lemhannas minta TNI-AD seleksi ketat taruna Akmil

"Tahapan latihan diakhiri dengan menyusun laporan hasil pelaksanaan diskusi aplikasi kepemimpinan berdasarkan data atau catatan dan temuan-temuan selama pelaksanaan diskusi aplikasi kepemimpinan," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taruna Akmil beri wawasan kebangsaan kepada siswa SMK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar