PSSI diskusi dengan klub Liga 2 soal kompetisi melalui rapat virtual

PSSI diskusi dengan klub Liga 2 soal kompetisi melalui rapat virtual

PSSI dan APPI mengadakan rapat virtual pada Selasa (26/5/2020). Pertemuan itu digelar untuk membicarakan beberapa hal tentang kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 yang diliburkan karena pandemi COVID-19. ANTARA/HO-PSSI/am.

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, pihaknya akan berdiskusi dengan 24 klub Liga 2 musim 2020 soal masa depan kompetisi melalui rapat virtual yang digelar pada Jumat (29/5).

"Seharusnya rapatnya hari Selasa (2/6). Namun diubah menjadi besok. Agendanya sama dengan pertemuan dengan klub-klub Liga 1 kemarin," ujar Yunus ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Kamis.

Pada Rabu (27/5), PSSI melakukan pertemuan jarak jauh dengan 18 klub Liga 1 dengan agenda meminta saran kepada seluruh tim soal kelanjutan kompetisi yang sudah diliburkan sejak Maret 2020 karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19).

Sehari sebelumnya, Selasa, PSSI juga telah menjalin komunikasi dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI).

Nantinya, dalam rapat virtual dengan Liga 2, PSSI turut mengundang operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca juga: Suara klub terpecah dalam usulan nasib Liga 1

Baca juga: Persiraja usul kompetisi Liga 1 tetap dilanjutkan


Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra menegaskan, pandangan dari tim-tim Liga 2 sangat penting.

"Kami ingin mendengar pendapat dari teman-teman di Liga 2 karena sistem kompetisi di Liga 2 kan sangat berhubungan dengan Liga 1," tutur Rudy.

Sementara, terkait rapat-rapat yang digelar berkenaan dengan liga, Yunus Nusi menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan itu bukan mencari keputusan.

Semua usulan, pendapat yang terlontar dalam pertemuan virtual akan dibawa ke rapat komite eksekutif (Exco) PSSI yang akan menjadi penentu kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020. Akan tetapi, jadwal pertemuan ini belum dipastikan.

"Belum ada arahan dari ketua umum (PSSI)," kata Yunus, yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI.

Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 diliburkan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi COVID-19. PSSI menegaskan bahwa kelanjutan kompetisi itu bergantung pada kebijakan pemerintah.

Melalui SKEP/48/III/2020 yang dikeluarkan pada akhir Maret 2020, PSSI memutuskan bahwa jika pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona yang saat ini ditetapkan pada 29 Februari-29 Mei 2020, Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 akan disetop.

Akan tetapi, kalau pemerintah tidak memperlama masa darurat tersebut, PSSI akan kembali menggulirkan Liga 1 dan 2 musim 2020 mulai tanggal 1 Juli 2020.

Baca juga: Pelatih Persib Bandung berharap PSSI hasilkan keputusan terbaik

Baca juga: PSSI: pengetesan COVID-19 salah satu syarat jika liga dilanjutkan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

DIY alihkan dana pembangunan stadion untuk COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar