Dishub: Warga Lampung hendak ke Jakarta harus urus SIKM

Dishub: Warga Lampung hendak ke Jakarta harus urus SIKM

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung mengingatkan masyarakat Lampung yang hendak menuju DKI Jakarta harus mengurus Surat Izin Keluar Masuk.

"Bagi masyarakat di Provinsi Lampung yang akan melakukan perjalanan keluar masuk DKI Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), hal tersebut sesuai dengan yang diintruksikan melalui Pergub DKI Jakarta Nomor 47 tahun 2020, sebab saat ini masih banyak masyarakat Lampung yang belum memahami mengenai mekanisme ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, surat izin keluar masuk tersebut dapat di urus secara daring melalui website yang telah disediakan oleh pemerintah DKI Jakarta, dengan memenuhi beberapa persyaratan.

"Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi bila ada warga Lampung yang hendak melakukan perjalanan dinas ke DKI Jakarta, yaitu pengantar RT/RW, surat pernyataan sehat, surat keterangan bekerja di Jakarta, surat tugas perjalanan dinas dari kantor, pas foto berwarna, scan KTP," katanya.

Baca juga: ASDP tegaskan hanya seberangkan penumpang yang diijinkan satgas

Baca juga: Kelurahan Lenteng Agung karantina empat pedagang tak kantongi SIKM


Menurutnya, surat izin keluar masuk bukan di peruntukan bagi masyarakat yang hendak mencari kerja, namun bagi masyarakat yang memiliki kepentingan khusus di DKI Jakarta, hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi persebaran COVID-19.

"Surat ini bukan untuk mencari kerja di Jakarta, tetapi ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki kepentingan khusus sesuai dengan yang tertulis dalam peraturan yang ada, sebaiknya bagi masyarakat yang tidak berkepentingan menunda dahulu perjalanan selama pandemi COVID-19," ucapnya.

Ia mengatakan, sejumlah langkah juga telah dilakukan dalam rangka mencegah persebaran COVID-19, salah satunya telah dilakukan penyekatan dan pengetatan pengamanan di sejumlah cek poin di perbatasan.

"Kami masih melakukan pengetatan pengamanan dan penyekatan di sejumlah cek poin di perbatasan, sebab Provinsi Lampung merupakan gerbang pulau Sumatera sehingga kita harus lebih ketat dan cermat agar persebaran COVID-19 dapat dicegah," katanya.*

Baca juga: Ratusan kendaraan pemudik diminta putar balik di perbatasan Jakbar

Baca juga: Sudin Perhubungan Jaktim perluas pengawasan SIKM hingga perbatasan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar