Kemendikbud resmikan prodi S2 Terapan Politeknik Negeri Padang

Kemendikbud resmikan prodi S2 Terapan Politeknik Negeri Padang

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat (29/5). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meresmikan Program Studi (Prodi) Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi Politeknik Negeri Padang PNP) di Sumatera Barat secara daring, Jumat.

"Kami mengucapkan selamat atas prodi baru Politeknik Negeri Padang. Semoga semangat ini bisa menular ke politeknik lainnya," ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, dalam sambutannya.

Dia menambahkan Kemendikbud terus mendorong agar politeknik memiliki Prodi Magister Terapan. Saat ini, politeknik yang memiliki prodi Magister Terapan tidak begitu banyak.

"Kami berharap agar Prodi Magister Terapan ini menjadi mitra strategis dunia usaha dan dunia industri. Selain itu juga mengembangkan kerja sama dengan politeknik baik itu 'joint degree' di luar negeri. Baik itu Jerman, Jepang, Belanda, Korea, dan lainnya," tambah dia.

Pada tahun ini, Kemendikbud akan meresmikan prodi Magister Terapan lainnya, yakni Politeknik Negeri Lampung dengan Program Studi Ketahanan Pangan, Politeknik Negeri Medan dengan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi, dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan Program Studi Teknik Keselamatan dan Risiko.

"Prodi Magister Terapan, yang dibuka ini, juga sudah dipastikan "menikah" dengan industri dan dunia kerja. Dan semakin seiring perjalanan waktu harus semakin dalam dan jauh," kata Wikan.

Sehingga proses pembelajaran, kegiatan riset terapan, program pengabdian masyarakat, sampai dengan dukungan pembiayaan, sarana dan prasarana, dan beasiswa, pihak industri dan calon pengguna lulusan sudah terlibat dari awal peserta didik diterima menjadi mahasiswa hingga lulus dari kampus.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri, mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan industri sebelum membuka prodi tersebut. Prodi yang dibuka merupakan kebutuhan industri.

"Baik itu dengan Semen Padang, PLN, maupun akuntan publik. Kami berkolaborasi dengan banyak pihak, bahkan sebelum mendirikan prodi ini, kami berkolaborasi dengan Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang," kata Yondri.

Saat ini jumlah prodi di Politeknik Negeri Padang sebanyak 22 prodi. Prodi Magister Terapan tersebut merupakan prodi pertama untuk jenjang pascasarjana di kampus itu. Mahasiswa lulusan politeknik dapat melanjutkan studi ke magister terapan. ***3***
Baca juga: PNP hadirkan peneliti dari mancanegara saat konferensi internasional
Baca juga: Komisi X diharapkan bantu politeknik perjuangkan tunjangan kinerja
Baca juga: PNP terima 439 mahasiswa jalur UN

Pewarta: Indriani
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar