Kemenperin berkomitmen kawal investasi di Indonesia

Kemenperin berkomitmen kawal investasi di Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. ANTARA/HO-Humas Kemenperin/am.

Masuknya investor akan meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dan memberikan nilai tambah bagi industri, serta menyerap tenaga kerja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian berkomitmen mengawal masuknya investasi ke Indonesia, yang salah satunya adalah memastikan proses investasi yang akan ditanamkan berjalan tanpa hambatan.

Terkait hal itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau lokasi Kawasan Industri Brebes yang dikelola BUMN PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) sebagai salah satu lokasi tujuan investasi.

Ia menambahkan dalam memantau kegiatan dan melakukan pembinaan industri khususnya di masa pandemi COVID-19, Kemenperin terus bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Dengan dukungan pemda, pengembangan industri nasional bisa lebih cepat, sehingga bisa menjadi ujung tombak dan memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB," kata Menperin lewat keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menperin sebut peluang ekspor industri pakaian jadi kembali terbuka

Ia menyampaikan pemerintah pusat akan terus mengawal investasi agar bisa masuk ke Indonesia, termasuk di sektor farmasi yang saat ini tengah dijajaki.

Hal ini sejalan dengan target kemandirian sektor kesehatan, baik industri farmasi maupun industri alat kesehatan.

"Masuknya investor akan meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dan memberikan nilai tambah bagi industri, serta menyerap tenaga kerja yang juga mendukung pembangunan daerah," papar Menperin.

Menurut Menperin, Indonesia perlu menangkap peluang investasi dari berbagai negara, sehingga persiapan yang diupayakan harus lebih matang.

Baca juga: Menperin: Industri wajib lakukan penyesuaian hadapi kenormalan baru
Baca juga: Menperin ajak masyarakat prioritaskan beli produk dalam negeri


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Puluhan nasabah geruduk kantor Minna Padi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar