Palembang (ANTARA News) - Juara Copa Dji Sam Soe IV musim kompetisi 2009-2010 Sriwijaya FC, akan mendaftarkan diri sebagai peserta Liga Super Indonesia (LSI) ke PT Badan Liga Indonesia (BLI) setelah merampungkan proses verifikasi klub.

Demikian dikatakan Faisal Mursyid, Sekretaris Umum PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku manajemen SFC, yang dihubungi dari Palembang, Kamis, menanggapi pertanyaan prihal belum didaftarkannya SFC sebagai peserta LSI.

Padahal, pendaftaran ini dibuka sejak 24 Agustus 2009 dan akan ditutup tanggal 31 Agustus 2009.

"Kami akan segera mendaftarkan diri sebelum pendaftaran ditutup oleh PT BLI mengingat jika lewat dari tanggal tersebut maka klub dinyatakan mengundurkan diri," kata Faisal lagi.

Menurut Faisal, tak hanya SFC yang belum mendaftar, beberapa klub di LSI lainnya juga melakukan hal serupa, karena baru empat klub yang dikabarkan telah mendaftar.

Keempatnya, Arema Malang, Persema Malang, Persisam Samarinda dan Persipura Jayapura.

"SFC belum mendaftar bukan berarti belum siap untuk berlaga di musim kompetisi berikutnya. Secara administrasi, kesiapan finasial hingga infrastruktur kita tidak ada masalah lagi," kata dia lagi.

Sementara, saat memberikan penjelasan ini, Faisal mengaku sedang mewakili Sriwijaya FC (SFC) untuk melakukan verifikasi tim di Jakarta.

Verifikasi ini untuk meninjau kesiapan sebuah tim dalam mengarungi kompetisi musim ini.

"SFC melakukan verifikasi berbarengan dengan empat klub lainya, Persib Bandung, Persitara Jakarta Utara, Persija Jakarta dan Pelita Jaya. Klub lain juga melakukan verifikasi dan menunggu giliran," kata Faisal.

Dia mengatakan, terdapat beberapa item yang ditetapkan PT BLI sebagai poin verifikasi, seperti dukungan pihak sponsor (supporting), kesiapan stadion (infrastruktur), administrasi, keabsahan pemain yang direkrut (legal) dan finasial (kekuatan dana).

"Berbagai poin yang menjadi item pengecekkan BLI telah dibereskan semua oleh SFC. Jadi, tinggal keabsahan saja dari BLI bawasannya SFC dinyatakan siap berlaga di kompetisi," kata dia pula.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009