PBB, New York (ANTARA News/AFP) - Rodolphe Adada pemimpin sipil misi bersama PBB-Uni Afrika di wilayah Darfur di Sudan (UNAMID) saat ini tengah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya, kata PBB.

Jurubicara PBB Marie Okabe mengatakan Rodolphe Adada telah mengajukan pengunduran dirinya pada Sekjen PBB Ban Ki-moon pada awal Agustus, dengan menyebut keinginannya untuk kembali ke negara asalnya Kongo.

Adada (63) adalah menteri luar negeri Kongo sebelum menerima jabatan pemimpin UNAMID. Okabe mengatakan PBB dan AU sedang bekerja untuk menemukan seorang pengganti bagi Adada "secepat mungkin".

Misi gabungan yang disebut pasukan cangkokan itu telah dilanda oleh sejumlah masalah, termasuk kurangnya sumber, ketika pasukan tersebut berusaha untuk memelihara perdamaian di wilayah Darfur di Sudan barat.

PBB mengatakan 300.000 orang telah tewas akibat konflik di wilayah itu, dan 2,7 juta orang terlantar, meskipun pemerintah Sudan menjawab bahwa jumlah orang yang tewas hanya mendekati 10.000 orang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009