Awas, gambar ini bikin ponsel Android "hang" jika dijadikan wallpaper

Awas, gambar ini bikin ponsel Android "hang" jika dijadikan wallpaper

Gambar wallpaper (kiri) yang menyebabkan ponsel Android mengalami kerusakan sistem (kanan). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Warganet diramaikan dengan unggahan Ice Universe, akun Twitter yang terkenal membagikan bocoran perangkat, yang memperingatkan untuk tidak mengatur sebuah gambar menjadi wallpaper di ponsel Samsung.

"AWAS!!! Jangan pernah mengatur foto ini sebagai wallpaper, terutama untuk pengguna ponsel Samsung! Ini akan menyebabkan ponsel nge-hang! Jangan coba! Jika seseorang mengirimi gambar ini, abaikan saja," cuit @UniverseIce.
Tim Antara mencoba memasang gambar tersebut sebagai wallpaper di ponsel Samsung Galaxy A31.

Tepat setelah itu, layar ponsel tiba-tiba gelap. Ponsel sendiri masih tetap menyala/hidup, namun tidak bisa menampilkan gambar wallpaper -- bar bagian atas (baterai) terkadang terlihat.

Setelah itu, ponsel mati, kemudian melakukan restart dengan sendirinya berulang kali. Tidak lama setelahnya, tampak tulisan "Android Recovery" yang diikuti kode progam dan tulisan yang memberitahu bahwa "Ponsel tidak dapat berjalan secara normal," yang diikuti dengan instruksi untuk memulihkan perangkat.

Baca juga: Penjualan gawai merosot karena pandemi virus corona

Baca juga: Trojan xHelper yang tak bisa dihapus menginfeksi banyak ponsel Android

 
Tampilan "Android Recovery" setelah memasang gambar sebagai wallpaper (ANTARA/Arindra Meodia)


Tim Antara kemudian mencoba pilihan "Erase app data" untuk memulihkan perangkat -- dalam tahapan ini layar sentuh tidak dapat digunakan, sehingga menggunakan tombol volume untuk mengarahkan pilihan.

Namun, perangkat kemudian beralih menjadi mode aman (safe mode), dan terdapat pemberitahuan yang berbunyi:

"Ponsel dimulai dalam mode Aman. Ada masalah yang membuat ponsel tidak dapat dimualai secara normal. Ponsel Anda harus direset pabrik agar dapat keluar dari mode Aman. Anda dapat menggunakan mode Aman untuk mencadangkan data ke komputer atau kartu SD sebelum mereset ponsel."

Selanjutnya, tim Antara memilih untuk mengganti wallpaper, dan menghapus foto. Setelah itu melakukan reset pabrik pada ponsel.

Caranya, tekan power, pilih off. Setelah mati, tekan volume up dan power secara bersamaan. Setelah keluar logo Samsung lepas power, namun tetap tahan volume up.

Dari sana, akan masuk kembali ke Android Recovery, kemudian pilih wipe data/factory reset, lalu pilih reset ke setelah pabrik.

Setelah langkah-langkah tersebut, ponsel dapat kembali dimulai secara normal. Namun perlu dicatat, bahwa tindakan di atas membuat data-data pada ponsel hilang.

Baca juga: Ginp Trojan menyamar jadi aplikasi deteksi virus corona

Baca juga: Gmail sekarang lebih pintar deteksi "software" jahat di lampiran

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkab OKU luncurkan aplikasi "Si Cerdas"

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar