Hari Lahir Pancasila, Brimob Sultra gotong royong bersihkan drainase

Hari Lahir Pancasila, Brimob Sultra gotong royong bersihkan drainase

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga bersama ratusan personel, Dinas PU Kota Kendari dan warga di Jalan Brigjen Katamso depan SMAN 5 Kendari saat bergotong royong membersihkan saluran air atau drainase dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. (ANTARA/Harianto)

....pengguna jalan dapat berkendara dengan nyaman
Kendari (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila tanggal 1 Juni 2020, ratusan personel Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) bergotong royong membersihkan saluran air atau drainase di Kota Kendari, Senin.

Dalam kegiatan ini, Satuan Brimob Polda Sultra menerjunkan sekitar 250 personel dipimpin langsung oleh Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga bersama masyarakat sekitar dan Dinas PU Kota Kendari.

Personel Sat Brimobda Polda Sultra yang diterjunkan terlihat bergotong royong bersama masyarakat setempat dengan menggunakan peralatan apa adanya berupa cangkul dan sekop, untuk membersihkan saluran air atau drainase yang berada di bahu jalan yang sudah tertutup pasir dan sampah sehingga mengakibatkan saluran air tersumbat dan menjadi tergenang ketika hujan tiba.
Baca juga: Brimob Polda Sultra salurkan bantuan sembako ke warga pesisir Konawe


Selain membersihkan drainase, ratusan personel peserta kerja bakti juga melaksanakan pemotongan rumput yang berada di trotoar jalan.

Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengisi peringatan Harlah Pancasila melaksanakan kegiatan kerja bakti dengan sasaran sepanjang Jalan Brigjen Katamso, dari depan Makosat Brimob Polda Sultra sampai wilayah Bundaran Adi Bahasa, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.
 
Ratusan Satuan Brimob Polda Sultra bersama Dinas PU Kota Kendari dan warga di Jalan Brigjen Katamso, depan SMAN 5 Kendari saat bergotong royong membersihkan saluran air atau drainase dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. (ANTARA/Harianto)


Menurut Adarman, lokasi tersebut merupakan salah satu titik rawan genangan air pada saat musim hujan yang cukup parah di Kota Kendari.

"Seperti yang dapat kita lihat bersama bahwa sebelumnya genangan air yang berada di dekat SMAN 5 Kendari ini cukup parah dan sangat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan. Kami juga mendapat informasi bahwa telah beberapa kali ada masyarakat pengguna sepeda motor yang terjatuh di titik ini akibat genangan air serta lubang di tengah jalan yang cukup dalam," kata Adarma.
Baca juga: Brimob Polda Sultra-Yonif 725/Woroagi baksos berbagi sembako


Karena itu, kata dia, bertepatan dengan momen peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2020, pihaknya membuat konsep kerja bakti bersama masyarakat untuk menormalkan kembali fungsi jalan dan drainase yang tertutup genangan air dan lumpur.

"Harapan kami dengan pelaksanaan kerja bakti hari ini masyarakat yang berada di sekitar SMAN 5 Kendari ini dapat terbantu serta pengguna jalan dapat berkendara dengan nyaman," katanya pula.
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar