Playlist Spotify hening 8 menit 46 detik kenang George Floyd

Playlist Spotify hening 8 menit 46 detik kenang George Floyd

Ilustrasi aplikasi Spotify pada perangkat mobile (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Daftar putar lagu (Playlist) dan podcast Spotify akan hening selama 8 menit 46 detik pada Selasa, guna menghormati tewasnya George Floyd.

Panjangnya durasi saat hening itu sama dengan jumlah waktu mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin menghimpit leher Floyd dengan lututnya, mengakibatkan kematian Floyd dan memicu protes dan demonstrasi besar-besaran di kota-kota Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Aksi Spotify itu merupakan bagian dari gerakan di industri musik yang disebut "Blackout Tuesday" yang dirancang untuk memprotes kekerasan dan rasisme polisi.

Baca juga: Facebook dan Snapchat kecam ketidaksetaraan ras usai kematian Floyd

Baca juga: Halsey tertembak peluru karet saat aksi George Floyd


Sejumlah label rekaman berpartisipasi setelah ajakan untuk bertindak dari kepala pemasaran Atlanta Records Jamila Thomas dan mantan karyawan Atlantik Brianna Agyemang yang dimulai dengan tagar #TheShowMustBePaused.

ViacomCBS juga berpartisipasi selama 8 menit dan 46 detik di seluruh jaringan dan saluran kabelnya mulai pukul 17:00 waktu setempat pada hari Senin.

"Tanggal 2 Juni adalah Black Out Tuesday, hari pelepasan kolektif dari pekerjaan yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang berefleksi dan berkumpul untuk mendukung komunitas kulit hitam," kata Spotify dalam sebuah unggahan Blog pada Senin (1/5).

Spotify menyatakan bahwa hari ini -- dan setiap hari -- Spotify akan mendukung karyawan, teman, mitra, artis, dan pencipta yang menggunakan platform tersebut dalam perang melawan rasisme, dan ketidakadilan.

"Kami menggunakan kekuatan platform kami untuk berdiri dengan para kreator berkulit hitam, memperkuat suara mereka, dan mempercepat percakapan yang bermakna dan perubahan yang sangat dibutuhkan. Akibatnya, Anda akan melihat beberapa perubahan di Spotify mulai pukul 12:01 pada hari Selasa."

Spotify mengatakan akan menghentikan sementara semua publikasi media sosial, mengganti gambar utama podcast dan daftar putar dan logo dengan gambar hitam, dan lebih mempromosikan seniman berkulit hitam dan podcaster dengan daftar putar yang dikuratori secara khusus dan Black History yang ada sekarang.

Baca juga: Hamilton kritik F1, "dominan kulit putih" bungkam atas tewasnya Floyd

Baca juga: Ariana Grande sampai John Cusack turun ke jalan protes kematian Floyd

Baca juga: Lady Gaga tunda perayaan album "Chromatica" akibat peristiwa Minnesota

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar