Jakarta (ANTARA) - Klub divisi satu Brazil Vasco da Gama mengumumkan bahwa 16 pemain mereka dinyatakan positif COVID-19.

Klub dari Rio de Janeiro itu telah menguji 350 anggota staf, termasuk pemain dan pelatih, kata direktur medis Vasco Marcos Teixeira dalam sebuah video di saluran YouTube tim.

"Kami menemukan 16 pemain dengan hasil tes positif. Mereka dipisahkan dari kelompok, mereka tetap dalam kontak medis dan mereka akan diuji sampai kami yakin bahwa mereka tidak dapat menularkan virus ke seluruh tim," kata Teixeira seperti dilansir AFP, Senin.

Baca juga: Flamengo kembali berlatih
Baca juga: Tiga pemain Flamengo positif terjangkit COVID-19


Dia mengatakan bahwa sekitar 30 persen dari mereka yang diuji sebelumnya pernah kontak dengan yang mengidap virus corona, termasuk tiga pemain.

Brazil telah mencatat lebih dari setengah juta kasus dan lebih dari 29.000 kematian akibat COVID-19. Angka itu adalah yang kedua terbesar setelah Amerika Serikat dalam hal kasus yang dikonfirmasi dan yang keempat secara global dalam jumlah kematian.

Vasco da Gama merupakan salah satu dari beberapa tim yang telah memulai kembali pelatihan setelah dua bulan dikunci, meskipun sedikit tanda bahwa Brazil adalah yang terburuk dari wabah virus corona.

Presiden Vasco Alexandre Campello dan ketua klub Flamengo Rodolfo Landim bertemu dengan Presiden Brazil Jair Bolsonaro dua minggu lalu untuk membahas dimulainya kembali sepak bola.

Bolsonaro telah menimbulkan kontroversi dengan berulang kali mencerca tindakan penguncian yang dilakukan oleh gubernur negara bagian dan bahkan telah bergabung dengan protes menentang tindakan pengurungan.

Baca juga: Klub-klub Brasil tawarkan stadionnya untuk rawat pasien corona
Baca juga: Pemerintah Rio kritik latihan Flamengo saat pandemi corona

 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020