Portugal mulai izinkan teater dan bioskop dibuka lagi

Portugal mulai izinkan teater dan bioskop dibuka lagi

Teater Dona Maria II di Lisbon, Portugal, 16 November 2016. (REUTERS/Rafael Marchante)

Jakarta (ANTARA) - Teater, bioskop dan tempat kebudayaan di Portugal mulai boleh dibuka kembali, Senin (1/6), saat negara tersebut memasuki fase ketiga akhir pembatasan wilayah, tapi masih banyak yang ditutup karena khawatir takkan ada pengunjung datang.

Pandemi virus corona berdampak pahit bagi sektor seni yang rapuh dan para penampil sudah rindu ingin berjumpa dengan penonton, tapi membuka akses terlalu cepat malah bisa berujung tidak efektif.

"Membuka pintu untuk sedikit orang hanya merugikan penonton dan para aktor, jadi kami memilih membuka kembali pada September bila keadaan baik-baik saja," kata direktur artistik Trindande, salah satu teater tertua di Lisbon, Diogo Infante, kepada Reuters.

Baca juga: Tak lagi virtual, Museum Vatikan dibuka

Baca juga: Turis di Siprus bisa berobat gratis bila terkena virus saat liburan


Sektor budaya di Portugal telah lama berjuang mendapatkan dukungan pemerintah. Banyak seniman mengatakan kucuran dana 30 juta euro untuk sektor budaya bulan lalu tidak cukup.

"Sektor budaya semakin rentan selama bertahun-tahun," kata Infante yang juga seorang aktor. "Tidak pernah ada keberanian politik untuk memandang budaya sebagai hal yang penting bagi masyarakat."

Mereka meminta pemerintah menyediakan bantuan finansial untuk seniman, juga untuk tempat-tempat kebudayaan, agar bisa membeli peralatan yang dibutuhkan untuk beroperasi kembali.

Baca juga: Universal Studios Orlando, AS buka kembali awal Juni

Baca juga: Maskapai penerbangan ini tiadakan kursi tengah


Claudia Belchior, pimpinan teater D. Maria II di Lisbon, mengatakan para pemain butuh waktu hingga September untuk mempersiapkan pertunjukan baru karena pembatasan wilayah membuat mereka tak bisa berlatih.

"Orang masih takut meninggalkan rumah. Kami harus melawan itu. Kami harus memastikan keamanan di tempat ini," kata Belchior.

Sebagian bioskop mengatakan mereka masih butuh waktu untuk menerapkan protokol keamanan dan tak yakin apa yang harus ditayangkan karena pemutaran film pun tertunda.

NOS, pemilik dari jaringan bioskop terbesar di Portugal, belum mengonfirmasi kapan mereka akan beroperasi lagi, mereka mengatakan akan membukanya secepat mungkin ketika sudah aman.

Manajemen bioskop lain tak sabar untuk kembali membuka pintu untuk penonton.

"Lebih baik buka lagi dengan sedikit pengunjung ketimbang tidak sama sekali," kata Pedro Borges, pimpinan Cinema Ideal di Lisbon.

Baca juga: Sempat tutup karena pandemi, Tokyo Tower kembali dibuka

Baca juga: Menyongsong normal baru, agen wisata tawarkan aneka promosi

Baca juga: Taman bermain Jepang akan dibuka, tapi pengunjung dilarang teriak

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Putu Wijaya raih Doktor Kehormatan bidang teater

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar