Jabatan Empat Kapolda Diserahterimakan

Jabatan Empat Kapolda Diserahterimakan

Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri (kiri) menyematkan tanda pangkat, lencana dan tongkat komando kepada sejumlah Kapolda saat acara Serah Terima Jabatan beberapa Kapolda di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/8). ( ANTARA/Widodo S. Jusuf/ss/ama)@

Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, memimpin acara serah terima jabatan empat kapolda yakni Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Kepulauan Riau.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Andi Masmiat menyerahkan jabatannya kepada Irjen Pol Mathius Salempang.

Andi selanjutnya memasuki masa pensiun sedangkan Salempang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulsel.

Salempang dalam waktu yang bersamaan juga menyerahkan jabatannya kepada Irjen Pol Adang Rochjana yang sebelumnya adalah Staf Ahli Kapolri.

Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Djoko Satryo menyerahkan jabatannya kepada Brigjen Pol Sukrawardi Dahlan.

Djoko selanjutnya pensiun sedang Sukrawardi sebelumnya adalah Kepala Biro Pengkajian dan Strategi Deputi Operasi Kapolri.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Dikdik Mulyana Arief Iskandar menyerahkan jabatannya kepada Brigjen Pol Pudji Hartanto.

Dikdik selanjutnya menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Wakabareskrim) menggantikan Irjen Pol Hadiatmoko yang selanjutnya akan menjadi Staf Ahli Kapolri.

Dengan jabatan baru itu, Dikdik akan naik menjadi jenderal bintang dua dengan pangkat Irjen Pol.

Sedangkan Pudji akan menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Polisi Khusus dan Penyidik Pengawai Negeri Sipil Deputi Operasi Kapolri.

Empat kapolda itu merupakan bagian dari 24 jenderal polisi terkena mutasi berdasarkan telegram Kapolri Nomor 147 tertanggal 23 Agustus 2009.

Kapolri hanya memimpin serah terima empat kapolda sedangkan serah terima jabatan para jenderal lainnya akan dipimpin oleh atasan langsung di satuan kerjanya.

Para perwira tinggi yang diganti antara lain Direktur Narkoba dan Kejahatan Terorganisir Badan Reserse Kriminal Brigjen Pol Harry Montolalu yang akan digantikan oleh Kombes Pol Arman Depari.

Harry selanjutnya sebagai Staf Ahli Kapolri sedangkan Arman sebelumnya adalah Direktur Narkoba Polda Metro Jaya.

Dengan jabatan baru itu, Arman akan menjadi jenderal bintang satu dengan pangkat Brigjen Pol.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Nanan Soekarna mengatakan, mutasi perwira tinggi ini dilakukan karena ada beberapa pejabat yang akan pensiun selain untuk pembinaan personil.

Kapolri juga melakukan mutasi 92 perwira menengah berpangkat AKBP dan kombes.

Di antara yang dimutasi adalah Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto Kombes Pol Basaruddin yang akan menjadi ajudan Wakil Presiden menggantikan Kombes Pol Syafrudin yang kini telah menjadi Wakapolda Sumut.

Kombes Pol Anjan Permana Putra, Direktur Narkoba Polda Sumut akan menjadi Direktur Narkoba Polda Metro Jaya.

Anjan beberapa tahun yang lalu pernah menjadi Kasat Obat dan Bahan Berbahaya Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. (*)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar