Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah meningkatkan kapasitas tes COVID-19 seperti rapid test maupun polymerase chain reaction (PCR), terutama di lima provinsi yang mengalami peningkatan
jumlah kasus pasien positif.

Kelima provinsi tersebut adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

"Pemerintah perlu tingkatkan kapasitas tes COVID-19 seperti rapid test maupun PCR terutama di lima daerah tersebut secara masif. Diharapkan dengan cara tersebut, jangkauan pemerintah dalam mendeteksi COVID-19 semakin luas dan dapat mempercepat penanganan pandemik," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Donasi dari konser amal virtual sudah sampai ke masyarakat

Dia meminta pemerintah khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama pemerintah daerah meningkatkan upaya penanganan dan pengendalian COVID-19 di setiap daerah.

Langkah itu menurut dia dengan tetap memberikan informasi kepada masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dan physical distancing terutama di lima provinsi tersebut untuk menekan jumlah kasus pasien positif COVID-19.

"Pemerintah mempertimbangkan kembali rencana memberlakukan kebijakan normal baru karena apabila dipaksakan di saat situasi pandemik COVID-19 yang belum mereda khususnya di daerah-daerah yang masih memiliki lonjakan kasus positif, hal tersebut berpotensi menyebabkan adanya gelombang kedua dari pandemik dan akan sulit untuk dikendalikan," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet ingatkan dua konsekuensi normal baru

Dia meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama Pemda melakukan evaluasi terkait perkembangan kasus COVID-19 di setiap daerah dengan didukung oleh data yang akurat dan riil sehingga upaya penanganan dan pencegahan dapat berjalan dengan lancar serta optimal.

Selain itu, Bamsoet meminta Pemda dan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 daerah bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk mengajak masyarakat mendukung program pemerintah dalam memerangi COVID-19 dengan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Normal baru, Ketua MPR ingatkan kasus COVID-19 masih terus naik

Baca juga: Bamsoet apresiasi tujuh daerah tanpa penambahan kasus COVID-19

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020